nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gedung DPR Disebut Miring, Apa Benar Cuma Isu Politis?

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 07:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 08 470 1841985 gedung-dpr-disebut-miring-apa-benar-cuma-isu-politis-31rNenlJYX.jpg Gedung DPR. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) naik Rp5,7 triliun tahun ini. Kenaikan anggaran ini diklaim untuk memperbaiki Gedung DPR yang miring 7 derajat.

Gedung yang dibilang miring itu adalah Nusantara I, yang terdiri dari ruangan fraksi-fraksi serta beberapa ruang rapat komisi. Kepala Divisi Uji Kelayakan Stuktur, Laboratorium Struktur dan Material Departemen Teknik Sipil FTUI Josia Irwan Rastandi mengatakan, suatu gedung harus dianalisa terlebih dahulu sebelum benar-benar bisa dinyatakan miring atau tidak.

“Jika memang sudah terbukti miring, harus dilakukan analisa terlebih dahulu apakah kemiringannya masih berlanjut atau sudah tidak bertambah lagi miringnya,” ungkapnya kepada Okezone.

Menurutnya, untuk menentukan miring tidaknya suatu bangunan diperlukan pengukuran yang dilakukan secara mendalam dan akurat. "Kadang banyak bangunan yang diberitakan miring, tapi hanya berdasarkan perkiraan atau hanya isu politis saja, seperti gedung DPR dan Menara Saidah,” jelas dia.

Baca juga: Soal Gedung DPR RI Baru, Menteri Basuki: Masih Melakukan Evaluasi

Dia melanjutkan, dengan analisa tersebut, maka dapat ditentukan bagaimana perbaikan yang harus dilakukan. Menurutya, hasil analisa akan menjadi dasar dari penentuan langkah apa yang harus diambil berikutnya.

“Lalu baru ditentukan tindakan perbaikan dan perkuatannya. Jika memang dari hasil analisa ternyata masih memungkinkan untuk dipertahankan,” ujarnya.


Baca juga: Soal Anggaran Gedung Baru DPR, Begini Pesan Sri Mulyani

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono mengatakan, dari sisi keamanan dan keselamatan tidak ada masalah pada gedung DPR tersebut. Basuki menambahkan, gedung sekarang ini masih bisa dipakai. Maka dari itu, dia merekomendasikan untuk mengoptimalkan gedung yang ada.

Selain itu, dalam rekomendasi tim PUPR juga mengatakan bahwa gedng DPR tidak miring, berbeda dengan menara Saidah. Oleh karena itu, mereka pun memberikan rekomendasi bahwa gedung DPR yang lama masih aman untuk digunakan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini