Share

Bank Bukopin Angkat Direktur Keuangan Jabat Dirut

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 10 278 1842817 bank-bukopin-angkat-direktur-keuangan-jabat-dirut-vNHup0TyKz.jpeg Dirut Bank Bukopin Eko Rachmansyah Gindo (Foto: Yohana)

JAKARTA - Dalam hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dilaksanakan hari ini, Rabu (10/1/2018) PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) mengangkat Eko Rachmansyah Gindo sebagai Direktur Utama.

Pengangkatan Eko ini sebagai tindaklanjut perseroan dari pengunduran diri yang diajukan oleh direktur utama sebelumnya yakni Glen Glenardi.

Seperti diketahui sebelumnya, pada Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis, 4 Desember 2017, menyebutkan bahwa pada tanggal 2 Januari 2018, perseroan telah menerima surat pengunduran diri Glen Glenardi selaku Direktur Utama Perseroan.

Informasi tersebut disampaikan untuk memenuhi ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 33/POJK.04/2014 tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Terbuka.

Baca Juga: Direktur Utama Bukopin Mengundurkan Diri

"Agendanya (RUPSLB) cuma satu pergantian pengurus. Sudah disetujui oleh RUPSLB pengantinnya adalah saya," ujar Eko kepada wartawan di Gedung Bukopin, Rabu (10/1/2018).

Adapun Eko yang kini menggantikan Glen, sebelumnya menjabat sebagai sebagai Direktur Keuangan dan Perencanaan Bank Bukopin. Eko mengatakan, kedepan Bukopin di bawah kepemimpinannya diharapkan mampu memperbaiki kinerja perseroan di tahun 2018.

"Ke depannya kita mengharapkan Bukopin berkembang memeperbaiki kinerja di tahun yang pernah tantangan ini di 2018," ujar dia.

Dalam RUPSLB ini juga diputuskan pengangkatan Direktur baru yakni Rivan A Purwantono. Jabatan Rivan sendiri sebelumnya merupakan General Manager Bisnis Konsumer Bank Bukopin.

"Komposisi direksi tetap tujuh, karena Pak Gleen undurkan diri berarti kan ada satu formasi kosong, nah Pak Rivan itu masuk sebagai direksi," jelas dia.

Eko menjelaskan, terkait struktur dan tugas masing-masing direksi masih akan menjadi pembahasan oleh dewan komisaris. Nantinya, dalam dua hari kedepan perseroan akan melakukan rapat oleh dewan komisaris untuk menentukan struktur dan pembagian tugas direksi yang baru berganti ini.

"Mengenai struktur dan tugas masing-masing direksi sesuai dengan keputusan RUPS tadi akan ditentukan oleh dewan komisaris sesuai dengan anggaran dasar. Mungkin dalam satu dua hari ini akan diadakan meeting dengan dewan komisaris direksi-direksi ini menjabat tugasnya seperti apa," jelas dia.

Baca Juga: Persaingan Ketat, Bank Bukopin Turunkan Target Kredit Jadi 10%

Untuk diketahui, sebelum memiliki jabatan di Bukopin, Eko pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Victoria lntenational, Komisaris Utama Bank Victoria International, Direktur Utama Semen Bosowa Indonesia, dan Dewan Komisaris Bank Victoria Syariah.

Selain itu, Eko juga mempunyai pengalaman selama 22 tahun di bidang perbankan, keuangan, semen, dan energi. Pria berusia 47 tahun ini memiliki latar belakang pendidikan sebagai sarjana Teknik di Institut Teknologi Bandung.

Sementara direktur baru, Rivan A Purwantono merupakan lulusan S1 Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan S2 Hukum Universitas Pelita Harapan Jakarta. Pria berusia 51 tahun ini berpengalaman di dunia perbankan selama 25 tahun.

Sebelumnya, Rivan juga pernah menjabat sebagai General Manager Pengembangan Bisnis Bank Bukopin, Kepala Divisi Dana Komersial Bank Bukopin, Kepala Divisi Manajemen Pemasaran Bank Bukopin, dan Kepala Divisi Manajemen Penjualan Konsumer Bank Bukopin.

Adapun untuk kelima direktur Bank Bukopin lainnya untuk saat ini masih diisi dengan Direktur Komersial Mikrowa Kirana, Direktur Pengembangan Bisnis dan Teknologi Informasi Adhi Brahmantya, Direktur Manajemen Risiko dan Kepatuhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Irlan Suud, Direktur Pelayanan dan Operasi Setiawan Sudarmaji, dan Direktur Retail Heri Purwanto.


(ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini