Image

Menteri Rini datangi Anies Bahas Hunian Berbasis Transportasi

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018, 14:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 10 470 1842903 menteri-rini-datangi-anies-bahas-hunian-berbasis-transportasi-w9SAUZeE1a.jpg Gubernur DKI Anies Baswedan dan Menteri BUMN Rini Soemarno. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mendatangi kantor Gubernur DKI Jakarta pada hari ini. Rini didampingi oleh beberapa Direktur Utama dari perusahaan BUMN.

Menteri Rini mengatakan dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu sejumlah topik turut dibahas dalam rapat tersebut. Salah satunya adalah membahas adalah konsep pengembangan kawasan yang diintegrasikan dengan system transportasi missal atau Transit Oriented Development (TOD) di sejumlah stasiun yang ada di Jakarta.

"Saya datang ke sini karena memang BUMN banyak sekali program kerja dan yang ada di DKI ini yang utama adalah TOD," ujarnya saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Menurut Rini, salah satu yang menjadi pembahasan adalah mengenai masalah perizinan dalam pembangunan TOD. Dirinya berharap perizinan pembangunan TOD bisa dipermudah dan dipercepat izinya. "Kemarin sudah ngomong memang ada berapa hal detail, bisa ga sih proses perizinanya ini cukup lama, kalau bisa diperpende," jelasnya.

Baca Juga: Sandiaga: Transit Oriented Development Adalah Strategi Jangka Panjang

Salah satu yang kawasan yang akan dibangun TOD oleh pemerintah pusat adalah di Stasiun Tanah Abang. Pembangunan kawasan TOD ini menyusul permintaan pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk menata kawasan Tanah Abang.

"Saya ini membangunnya buat para konsumen Kereta Api maupun masyarakat. Bagaimana bisa dikombinasikan antara transportasi Kereta Api dengan transportasi lain dengan akitivitas ekonomi di sana. Jadi kita coba sehingga semua bisa dapat manfaat yang positif," jelas dia.

"Kita sekarang sedang membangun LRT tujuannya selaras dengan program kerja dengan DKI terutama RTRW saya minta maaf memang enggak sabaran biar komunikasinya lancaran. Tetapi memang terutama pembangunan TOD di Jakarta ini segera bangun di Jakarta," imbuhnya.


Baca Juga: Konsep TOD Mudahkan Mobilisasi Masyarakat

Selain itu, lanjut Rini, Kementerian BUMN bersama dengan pemerintah DKI Jakarta akan menata dan membangun kampung-kampung kumuh yang ada di Jakarta. Sehingga, kondisi masyarakat Indonesia bisa terangkat kesejahteraannya.

"Bagaimana bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat DKI yang masih dalam keadaan sulit. 220 kampung kampung kami juga mempunyai csr maupun pembiayaan yang ingin kita dorong sehingga daerah daerah tidak lagi kumuh," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini