Image

Soal Penenggelaman Kapal, Begini Sikap Menteri Susi

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018, 19:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 11 320 1843680 soal-penenggelaman-kapal-begini-sikap-menteri-susi-CSl9pMsupB.jpg Menteri KKP Susi Pudjiastuti. (Foto: ANT)

JAKARTA - Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut Pandjaitan mengenai penghentian penenggelaman kapal di 2018 ramai diperbincangkan masyarakat. Bahkan, akun twitter Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti langsung dibanjiri komentar masyarakat yang setuju maupun tidak.

Menteri Luhut meminta agar Menteri Susi tidak lagi menenggelamkan kapal-kapal yang memasuki perairan Indonesia dan melakukan illegal fishing. Dia pun meminta Susi untuk fokus kepada peningkatan produk ekspor perikanan Indonesia.

Senada dengan Luhut, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga meminta tidak ada lagi penenggelaman kapal ke depannya. Wapres mengatakan, kapal-kapal yang ditangkap dapat dilelang atau dipergunakan kembali mengingat saat ini dibutuhkan kapal-kapal penangkap ikan.

Baca Juga: Ada 62 Kapal Siap Ditenggelamkan, Bagaimana Nasibnya?

Meski demikian, Menteri Susi mengatakan sejak adanya penenggelaman kapal tersebut, kondisi ekspor hasil laut Indonesia menunjukkan tren perbaikan dari tahun sebelumnya. Dia mengatakan, saat ini pihaknya akan terus fokus meningkatkan kinerja.

Mengenai silang pendapat dari berbegai pihak, Susi menilai hal tersebut tidak akan menggangu kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan.


Baca Juga: Ada Penenggelaman Kapal Saja Masih Banyak Pencuri Ikan, Bagaimana kalau Tidak?

Berikut perkataan Menteri Susi di Gedung Mina Bahari IV, Kamis (11/01/2018) seperti dirangkum dalam Okezone.

1. "Tolong jangan bilang KKP tugasnya (hanya) penenggelaman kapal,"

"Ekspor meskipun turun dibanding negara lain, juga jauh lebih baik. Kita sudah mempersiapkan, dan terus jalan."

3. "Kita move on dari persoalan yang membebani dan menjadi hal-hal yang tidak perlu ke depan untuk merealisasikan program-program."

4. "Kalau urusan penenggelaman kapal Pak Jokowi sudah menjelaskan, press conference sudah cukup. Dari 2013 banyak sekali yang menjelaskan soal itu."

5. "Dari awal sampai akhir jadi penenggelaman sudah banyak dibahas, kita sekarang kerja bagaimana meningkatkan stok ikan naik, hasil tangkapan naik, budi daya naik dan kesejahteraan meningkat."

6. "Nilai tukar nelayan sudah naik dan tetap bertahan dan lain sebagainya yang menuju perbaikan ekonomi perikanan Indonesia."

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini