nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemindahan Ibu Kota, Menteri Basuki Yakinkan Tak Pakai Uang Negara

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 23:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 11 470 1843783 pemindahan-ibu-kota-menteri-basuki-yakinkan-tak-pakai-uang-negara-QW1SscpBMr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah berencana memindahkan ibu kota dari Jakarta menuju daerah lain. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi kepadatan yang yang ada di Jakarta.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono memastikan, keinginan untuk memindahkan pusat negara menuju daerah lain akan dilakukan. Hal tersebut setelah melalui beberapa kajian yang dilakukan oleh Kementerian Badan Pembangunan Nasional (Bappenas) .

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengaku, hingga saat ini pemerintah masih terus menggodok terkait rencana pemindahan ibu kota. Hal tersebut diakui oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Jadi pak Menteri Bappenas ditugaskan menganalisa perlu pindah atau tidak, dan sudah melalukan FGD di beberapa universitas dan ternyata memang perlu (pindah)," ujarnya saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Baca Juga: Ibu Kota Pindah, Bagaimana Prospek Properti di Jakarta?

Menurut Basuki, keputusan pemindahan ibu kota sudah memasuki tahap akhir. Bahkan saat ini desain mengenai ibu kota baru pun sudah dikantongi. Sehingga, saat ini hanya tinggal menunggu waktu pengumuman yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Barulah, setelah itu beberapa pihak akan mulai melakukan untuk merealisasikan pemindahan ibu kota tersebut. "Nunggu pak Presiden (Jokowi) juga mencari waktu untuk memutuskan pindah atau tidak," ucapnya.

Menurut Basuki, dalam memindahkan ibu kota pihaknya tidak akan menggunakan uang negara. Dalam hal pendanaan pemerintah akan membuka pihak swasta untuk ikut serta dalam merealisasikan pemindahan ibu kota negara tersebut. Mengenai konsepnya, pihaknya enggan membocorkan lebih dalam. Apakah dilakukan secara bertahap atau secara sekaligus.

Baca juga: Biaya Pemindahan Ibu Kota Rp500 Triliun, Awas Ada Daerah yang Cemburu

"Tadi memang ngobrol saja di Bogor saya kira pak Menteri Bappenas (Bambang Brodjonegoro), nanti kan ada waktu dipanggil Presiden Jokowi untuk bicara tentang yang lain. Saya juga minta gimana Pak pemindahan ibu kota?" jelasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini