Image

PLN Operasikan Gardu Induk Multistrada 150 Kv

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018, 10:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1843904 pln-operasikan-gardu-induk-multistrada-150-kv-1sX8DuOwsG.jpg Ilustrasi: Reuters

BEKASI – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) meresmikan Gardu Induk (GI) Multistrada berkapasitas 150 kilovolt (kV) yang dibangun khusus untuk memasok listrik ke pabrik milik PT Multistrada Arah Sarana Tbk.

Direktur Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN Amir Rosidin menjelaskan, peresmian GI Multistrada ini sebagai wujud komitmen PLN Distribusi Jawa Barat dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat.

“PLN berhasil melakukan energizing (sinkronisasi) pertanda mulai beroperasinya GI Multistrada 150 kilovolt (kV) yang dibangun khusus untuk memasok listrik ke PT Multistrada Arah Sarana,” kata Amir seusai menghadiri peresmian GI Multistrada di Kawasan Pabrik Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, kemarin.

 Baca juga: Incar Rp20 Triliun, PLN Kaji Terbitkan "Setrum Bond"

Sebagai informasi, PT Multistrada Arah Sarana Tbk merupakan perusahaan manufaktur dalam negeri yang bergerak di bidang produksi ban dengan merek Achilles dan Corsa berlokasi di kawasan Lemah Abang, Bekasi.

General Manajer PLN Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana menambahkan, PLN mampu menyelesaikan pembangunan Gardu Induk Mul tistrada tepat pada waktunya. Karena pembangunan GI memakan waktu sekitar 18-24 bulan.

Menurutnya, dengan waktu pembangunan gardu induk yang lebih cepat, PLN mampu melayani pelanggan industri dengan efisiensi waktu tinggi.

 Baca juga: PLN Tahuna Tambah 3 Pembangkit Berkekuatan 3.000 Kw

Karena itu, diharapkan dapat mem berikan dorongan bagi industri baru untuk segera beroperasi dan terus bertumbuh yang juga berdampak pada tersedianya lapangan kerja baru.

“Dengan keberhasilan energize GI Multistrada yang tepat waktu, maka secara teknis PLN telah siap memasok listrik bagi kebutuhan PT Multistrada Arah Sarana. Selain itu, energizing ini membuktikan kepada caloncalon investor yang lain bahwa PLN mampu menyalurkan te naga listrik bagi pe ngem bangan pabriknya di Indonesia dengan tingkat mutu layanan seba gaimana yang diharapkan,” ujarnya.

GI Multistrada akan mendapat pasokan listrik dari GI Sukatani melalui jaringan transmisi tegangan tinggi 150 kV. Pembangunan Gardu Induk Mul tistrada ini dilaksanakan dalam memenuhi kebutuhan pa sokan tenaga listrik ke PT Mul tistrada Arah Sarana sebesar 30 MVA dan dilakukan dalam satu tahap.

Sementara itu, ketersediaan pasokan listrik untuk Jawa Barat saat ini mencapai sekitar 11.063 mw dengan beban puncak (peak load) berkisar 7.310 mw. Dengan demikian, masih ada pasokan listrik Jawa Barat sebesar 3.753 mw yang dapat dimanfaatkan para investor untuk menanamkan modalnya dengan membangun pabrik di Jawa Barat.

Sepanjang Januari hingga Desember 2017, pemakaian listrik pelanggan industri di Bekasi mencapai 5.184.906.130 kilowatt hour (kWh). Angka ini tumbuh 8,65% dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya, yakni sekitar 4.771.982.656 kWh.

Di tempat sama, Presiden Direktur Multistrada Arah Sarana Pieter Tanuri menjelaskan, penambahan daya listrik ini di sebabkan meningkatnya kenaikan produksi pembuatan ban untuk mencukupi per mintaan pasar, baik dalam negeri maupun ekspor ke luar negeri.

“Sehingga untuk menunjang kebutuhan tersebut perlu adanya peningkatan tegangan dari tegangan menengah ke tegangan tinggi,” kata dia.

Heru Febrianto

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini