Image

3 Syarat Menko Luhut Agar Ratu Prabu Diizinkan Bangun LRT

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018, 11:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1843948 3-syarat-menko-luhut-agar-ratu-prabu-diizinkan-bangun-lrt-rLAsD2l162.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mempersilahkan PT Ratu Prabu Energi untuk mengerjakan proyek kereta api ringan atau light rail transit (LRT). Namun ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh Ratu Prabu.

Luhut mengatakan, siapa pun yang mau melakukan investasi di Indonesia harus memenuhi tiga syarat. Jika terpenuhi maka bisa mengerjakan proyek pemerintah.

 Baca juga: Menko Luhut: Inka Sudah Miliki Banyak {Success Story}

"Dia ramah teknologi, mengedepankan sebanyak mungkin tenaga kerja Indonesia tentu, kasih periode waktu tiga, empat tahun karena perlu pendidikan. Ketiga dari hulu ke hilir alih teknologi," ujarnya, di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Selain itu, kata Luhut, investor juga harus mengedepankan penggunaan produk dalam negeri. Seperti proyek LRT ini 47,5% lokal konten wajib digunakan.

"LRT juga akan menggunakan sebanyak mungkin buatan dalam negeri," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Ratu Prabu Bur Maras menjelaskan, pembangunan LRT mencakup tiga fase. Dia mengatakan untuk biaya yang dibutuhkan pada fase I mencapai USD8 miliar atau setara dengan Rp107,2 triliun mengacu kurs Rp13.400. Sedangkan untuk total seluruh proyek LRT Ratu Prabu sekitar Rp402 triliun.

"Fase pertama USD8 miliar, kalau diselesaikan sampai fase ketiga bisa USD28 miliar hingga USD30 miliar," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini