Image

Begini Cara Memilih Asuransi Perjalanan yang Oke Buat Liburan

Agregasi Sabtu 13 Januari 2018, 05:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1844011 begini-cara-memilih-asuransi-perjalanan-yang-oke-buat-liburan-NZjFmeWDP8.jpg

JAKARTA - Berencana pergi liburan? Jangan lupakan asuransi perjalanan. Asuransi ini sangat penting sebagai bentuk perlindungan selama dirimu berada di negeri orang. Segala jenis peristiwa yang terjadi di tengah jalan, seperti KTP hilang, paspor hilang, dan koper rusak akan menjadi tanggungan pihak asuransi.

Mengingat asuransi perjalanan begitu penting, ada beberapa tips saat membeli asuransi perjalanan. Apa saja tips-tipsnya?

1. Mengetahui Jenis Asuransi Perjalanan yang Dibutuhkan

Pertama-tama, kamu perlu tahu asuransi seperti apa yang dibutuhkan. Apakah asuransi tersebut berlaku secara domestik atau internasional? Sebagian perusahaan asuransi memberikan jaminan untuk seluruh perjalanan di kota-kota di Indonesia. Ada juga yang hanya memberikan jaminan di beberapa kota saja. Sebaiknya, tentukan destinasi liburanmu agar tahu jenis asuransi apa yang terbaik.

2. Bagaimana Proses Pendaftaran Asuransi?

Beberapa asuransi perjalanan telah menyediakan layanan asuransi secara online. Artinya, calon nasabah tidak perlu lagi untuk mendatangi kantor secara langsung, tetapi dapat mengisi formulir secara online.

Setelah formulir lengkap, barulah diperkenankan untuk datang ke kantor cabang dari perusahaan asuransi yang bersangkutan. Sebab tidak semua asuransi menyediakan layanan online. Sebaiknya, perhatikan baik-baik semua kebijakan yang ditetapkan.

3. Berapa Jaminan yang Ditanggung Perusahaan?

Perusahaan asuransi bersedia menanggung kerugian yang dialami nasabah selama liburan. Namun, kerugian yang ditanggung tidak secara keseluruhan, tergantung pada jenis asuransi tipe apa yang kamu pilih.

Ada asuransi perjalanan yang hanya menanggung barang yang hilang. Ada pula untuk barang yang rusak. Setiap produk berbeda-beda. Karena itu, kamu perlu cermat untuk menentukan pilihan terbaik.

4. Seberapa Seringkah Kamu Liburan?

Asuransi perjalanan tentu akan lebih berguna bagi mereka yang hobi travelling. Artinya, yang suka melancong dari kota ke kota atau negara ke negara pastinya membutuhkan asuransi perjalanan dengan durasi waktu yang lebih lama. Berbeda dengan mereka yang hanya pergi liburan sekali dalam setahun. Apalagi kalau liburannya sangat singkat.

Bagi kamu yang suka liburan, ada baiknya mengambil produk asuransi perjalanan tahunan. Sebab lebih praktis. Kamu juga tidak perlu repot-repot untuk mengurus asuransi perjalanan setiap kali ingin pergi berlibur. Namun, biaya yang dikeluarkan juga lebih besar. Jadi, sediakan budget secukupnya.

5. Estimasi Waktu Liburan

Tips selanjutnya adalah mengetahui berapa lama kamu akan pergi berlibur. Apakah lima hari, satu minggu, dua minggu, ataukah berbulan-bulan? Mengetahui jangka waktu liburan sangat penting untuk mengetahui masa berlaku asuransi perjalanan. Dengan begitu, kamu dapat pergi dan pulang tepat waktu sesuai dengan tanggal yang tertera di polis asuransi.

6. Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Rencana liburan yang telah disusun dengan matang akan sia-sia jika ternyata surat permohonan asuransi perjalanan kamu ditolak. Untuk mencegah hal tidak mengenakan ini, ada baiknya lengkapi dokumen yang diperlukan secepat mungkin.

Perhatikan dokumen-dokumen apa saja yang penting untuk dibawa. Jangan pernah meninggalkan satu dokumen pun karena akan berakibat fatal.

7. Berapa Premi yang Dibayarkan

Destinasi liburan dan lama waktu berlibur menjadi tolak ukur mengenai premi yang akan dibayarkan setiap bulannya. Semakin jauh dan lama liburan tersebut, semakin mahal pula premi yang dibayarkan.

Pilihlah premi sesuai kebutuhan liburan. Sesuaikan juga dengan keadaan ekonomi agar kamu sanggup membayar cicilan premi setiap bulannya. Satu lagi, jangan lupa untuk menanyakan besarnya biaya pertanggungan yang diberikan pihak perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa berjaga-jaga saat kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

8. Perhatikan Kondisi Kesehatan Kamu

Pada dasarnya, perusahaan asuransi hanya menanggung biaya yang berhubungan dengan perjalanan selama liburan. Selain hal tersebut, semuanya menjadi tanggung jawab pribadi, termasuk masalah kesehatan. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui tingkat kesehatan kamu sebelum pergi berlibur.

Periksakan ke dokter dan dapatkan hasil check up secepatnya. Jika ternyata kamu didiagnosis penyakit tertentu yang akan menghambat liburan, ada baiknya tunda rencana berlibur hingga penyakit tersebut pulih.

Liburan Menyenangkan dengan Asuransi Perjalanan

Adanya asuransi perjalanan akan sangat membantu untuk meng-cover biaya saat liburan. Jika sewaktu-waktu mengalami peristiwa tidak mengenakan, kamu tidak perlu khawatir lagi karena pihak asuransi akan memberikan biaya pertanggungan sebagai ganti rugi.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini