nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Cara Mengubah Tanggapan Miring dalam Bisnis Jadi Keuntungan

Agregasi Sabtu 13 Januari 2018 22:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1844024 ini-cara-mengubah-tanggapan-miring-dalam-bisnis-jadi-keuntungan-efnqfc0nAo.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Mendapatkan feedback negatif dari konsumen tentunya adalah hal yang ingin dihindari bagi setiap pebinsis. Bagaimana tidak? Mendapatkan feedback negatif dapat memengaruhi perkembangan bisnis yang Anda jalankan. Feedback negatif dapat memengaruhi calon konsumen baru sehingga mengurungkan niatnya untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Hal ini jika dibiarkan terus-menerus, secara drastis akan menciptakan penurunan dalam bisnis Anda. Jangan sampai menjadikan feedback negatif menjadi akhir dari bisnis. Cobalah untuk mengubah ulasan negatif ini menjadi sesuatu yang menguntungkan untuk bisnis Anda. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini tips-tips yang dapat dicoba.

1. Cobalah Mencari Kesamaan

Setiap bisnis, baik yang baru maupun sudah lama dikerjakan, tentunya akan mendapatkan feedback negatif dari konsumen. Karena itu, janganlah terlalu keras pada diri Anda sendiri. Hal ini karena Anda memang tidak dapat menyenangkan semua orang dan tidak semuanya akan menyukai dari setiap aspek bisnis yang dijalankan.

Saat mendapatkan review negatif, cobalah untuk mencari kesamaan dari keluhan-keluhan yang diberikan. Biasanya kata-kata umum yang digunakan dalam review negatif akan menyiratkan bentuk kekecewaan karena harapannya yang lebih tinggi dibandingkan dengan kenyataan yang ada.

Identifikasi pola tersebut dan cari tahu mengenai produk atau jasa manakah yang menyebabkan masalah pada konsumen. Dari sanalah kemudian Anda bisa menentukan aspek bisnis mana yang perlu dilakukan perbaikan. Hal yang paling penting adalah bagaimana Anda bisa belajar dari feedback negatif tersebut dan mencoba untuk memperbaiki produk dan layanan Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya.

2. Tanggapi Keluhan dengan Cepat

Langkah selanjutnya adalah dengan menanggapi keluhan-keluhan tersebut dengan cepat dan profesional. Saat konsumen memiliki keluhan pada produk atau jasa yang dimiliki, kebanyakan dari mereka mencoba untuk melakukan kontak melalui media sosial yang mana mengharapkan respons yang cepat.

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk selalu siaga dalam membalas segala respons yang diterima untuk produk atau jasa yang Anda miliki. Pastikan untuk membaca seluruh ulasan konsumen secara online. Ketika merespons, cobalah memberikan jawaban sebijak mungkin.

Bahkan, jika terdapat review negatif, tidak ada salahnya untuk memohon maaf dan mengatakan rasa penyesalan atas pengalaman yang didapatkan konsumen Anda. Coba jelaskan dengan kata-kata yang sopan mengenai alasan mengapa kejadian seperti ini bisa terjadi.

Menanggapi ulasan negatif tidak akan hanya membantu pelanggan-pelanggan yang kurang puas, tapi juga akan sangat membantu mengembangkan bisnis Anda ke depannya.

Konsumen akan lebih menyukai bisnis yang peduli akan pendapat dari setiap konsumennya. Sebab cara terbaik untuk memadamkan review negatif dari konsumen adalah dengan menangani konsumen tersebut beserta situasi yang dihadapinya dengan profesional.

3. Segera Ambil Tindakan

Selanjutnya, untuk membuat feedback negatif menjadi profit yang menguntungkan adalah dengan segera mengambil tindakan atas situasi yang sedang terjadi. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba untuk menyesuaikan pola atau model bisnis yang Anda jalankan dengan pengalaman-pengalaman yang didapatkan dari konsumen. Setiap bisnis tentunya diharapkan untuk dapat dikenal sebagai bisnis yang selalu mendengarkan pelanggannya.

Dengan begitu, saat mendapatkan review negatif mengenai produk atau jasa yang Anda miliki, segeralah mengambil tindakan yang tepat agar membuat perubahan positif dapat terjadi. Gagal dalam mengambil tindakan malah akan membuat sejumlah konsekuensi jangka panjang yang artinya akan membentuk opini para konsumen akan bisnis yang dijalankan.

Belajar dari Kesalahan yang Dilakukan Sebelumnya

Kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam bisnis, jangan hanya Anda biarkan begitu saja. Penting bagi Anda untuk belajar dari kesalahan yang sudah terjadi sebelumnya untuk nantinya membantu mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Fokus pada kesalahan yang ada dan cari solusi yang tepat untuk menangani hal tersebut.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini