Image

Inilah Mitos Keliru Saat Mengumpulkan Tabungan Pensiun

Agregasi Sabtu 13 Januari 2018 23:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1844032 inilah-mitos-keliru-saat-mengumpulkan-tabungan-pensiun-ne5uXmzyhQ.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Mempersiapkan masa pensiun memang harus dilakukan sedari dini. Salah satunya yang penting untuk dipersiapkan adalah tabungan pensiun. Tabungan pensiun ini nantinya akan sangat bermanfaat untuk memenuhi segala kebutuhan Anda saat sudah tidak produktif lagi. Karena itu, akan lebih baik untuk dipersiapkan selagi masih muda saat masa-masa produktif. Sebab Anda masih bisa melakukan banyak pekerjaan.

Tabungan pensiun tidak bisa jika dipersiapkan secara mendadak karena belum mengetahui apa yang akan terjadi ke depannya. Namun, dalam mempersiapkan tabungan pensiun ini, terkadang ada saja hal-hal yang membuat ragu. Keraguan ini biasanya datang terkait dengan mitos-mitos yang muncul saat mengumpulkan tabungan pensiun. Berikut ini ada beberapa mitos yang seringkali muncul dan dipercayai kebanyakan orang.

1. Terlalu Muda Menyiapkan Tabungan Pensiun

Salah satu mitos yang sering kali muncul saat mengumpulkan tabungan pensiun adalah terlalu muda menyiapkan masa pensiun. Sebagian besar orang memang tidak akan memikirkan masa pensiun pada masa muda karena merasa kehidupan finansial masih sangat terpenuhi.

Padahal, sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan masa pensiun sedari dini sehingga tabungan yang dimiliki nantinya dapat berlipat ganda. Semakin muda memulainya, tentu saja akan semakin banyak hal yang bisa dinikmati saat masa pensiun. Jadi, tidak ada salahnya untuk menyiapkan dana pensiun meskipun di usia yang muda sekalipun.

2. Dana Pensiun Disiapkan Negara dan Perusahaan

Saat masa pensiun kemungkinan jika nantinya Anda bisa mendapatkan dana pensiun yang sudah dipersiapkan negara dan perusahaan di mana Anda bekerja. Misalnya, Anda bekerja di sebuah perusahaan, nantinya pihak perusahaan akan memberikan pesangon saat masa pensiun dan Jaminan Hari Tua yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan.

Meskipun begitu, Anda tidak bisa mengandalkan sumber-sumber tersebut. Perusahaan dan negara hanya bisa membantu menyisihkan pemasukan Anda saat ini untuk memenuhi kebutuhan di hari tua. Jika berdasarkan perhitungan, hanya sekitar 16-20% yang berasal dari pemasukan Anda untuk di masa pensiun. Jadi, mungkin hanya akan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang utama saja. Itu pun jika Anda memang menerapkan gaya hidup yang hemat.

3. Merasa Akan Terus Bekerja

Mitos lainnya yang sering terdengar adalah merasa diri sendiri terus bekerja. Saat usia masih muda, tentunya Anda merasa fisik masih bugar dan semangat masih tinggi sehingga masih beroptimis menghadapi masa pensiun. Namun, pada kenyataannya, tidak mungkin semua perusahaan akan memperkerjakan karyawannya pada usia yang sudah cukup tua.

Dalam sebuah survei, hanya terdapat 1 dari 4 orang karyawan saja yang mungkin diperkerjakan kembali oleh perusahaannya pada masa pensiun. Kecuali jika Anda memang memiliki bisnis sendiri, mungkin Anda akan tetap bekerja meskipun sudah memasuki masa pensiun.

4. Merasa Akan Ditanggung Anak

Masa tua adalah miliki pribadi Anda sendiri sehingga tentunya akan lebih baik jika mempersiapkan sedari dini. Jangan pernah berpikir jika masa tua Anda nantinya akan ditanggung anak-anak. Apalagi bagi yang hidup di daerah perkotaan, tentunya biaya hidup akan semakin meningkat dan kebutuhan hidup setiap orang juga pasti meningkat.

Karena itu, cobalah untuk mengkalkulasikan kondisi ini dengan pemasukan yang anak Anda miliki nantinya. Meskipun beberapa memiliki komitmen untuk membiayai kehidupan orang tuanya kelak, akan lebih menyenangkan kalau Anda memiliki dana pensiun pribadi.

5. Masa Pensiun Tidak Membutuhkan Banyak Dana

Banyak orang menganggap jika tabungan pensiun adalah perkara ringan. Namun, masa pensiun membutuhkan biaya yang besar sehingga mengharuskan Anda untuk memulai menyisihkan sedari masih muda.

Misalnya, saat ini Anda berusia 25 tahun dan berencana untuk pensiun di usia 55 tahun. Cobalah untuk melakukan perhitungan tentang jumlah tabungan dan hal-hal yang berkaitan dengan biaya pensiun. Perancangan yang baik tentunya bisa membuat Anda menjalani masa pensiun seperti yang diimpikan. Jadi, jangan lagi beranggapan jika masa pensiun adalah hal yang mudah dan dapat dipersiapkan secara dadakan.

Pentingnya Tabungan Pensiun

Banyak orang yang terkadang menyepelekan tabungan pensiun sehingga merasa tidak perlu menyiapkan secara terburu-buru. Namun, tabungan pensiun memiliki manfaat yang sangat penting karena nantinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pada masa pensiun. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan tabungan pensiun sedari dini.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini