Image

Divestasi 51% Saham Freeport, Pemerintah Mulai Bagi-Bagi Jatah

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018, 16:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1844134 divestasi-51-saham-freeport-pemerintah-mulai-bagi-bagi-jatah-XKNAUADgym.jpg MoU Divestasi Saham Freeport. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dan PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) melakukan penandatangan perjanjian pengambilan saham divestasi 51% saham PT Freeport Indonesia.

Direktur Utama Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, Inalum bersama dengan Pemkab dan Pemprov menjadi satu kesatuan sebagai pembeli 51% saham Freeport. Inalum pun akan melakukan kerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di Papua maupun di Kabupaten Mimika dalam negosiasi divestasi dengan Freeport Indonesia.

"Jadi Inalum 41% dan Pemprov dan Pemkab 10%, detail transaksi seperti apa nanti akan dibahas. Yang jelas kita hidup di tanah Papua kita akan hidup kerjasama memaksimalkan," ujarnya, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Baca Juga: Pemda Papua Dapat 10% Saham Freeport, Sri Mulyani: Divestasi Harus Dilakukan Secara Transparan

Budi menegaskan, dalam pembelian saham Freeport keuangan negara tidak akan terlibat. Pasalnya, mekanisme pembelian melalui korporasi sehingga tidak membebani APBN dan APBD, dan menjadi salah satu manfaat dari pembentukan Holding BUMN Industri Pertambangan.

"Jadi dengan ini setuju kita sama-sama bahwa penandatangan skema dan lain tidak ada APBN dan APB, jadi tugas Inalum kerjasma dengan Pemprov dan Pemkab untuk memastikan bagaimana bisa dilakukan, memang dalam proses dan sementara," tandasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini