Teka Teki Inalum Ambil Saham Freeport lewat Rio Tinto

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 18:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1844249 teka-teki-inalum-ambil-saham-freeport-lewat-rio-tinto-DBEHDPlOtn.jpg Foto: Lidya Julita Sembiring/Okezone

JAKARTA - Pemerintah melalui induk holding BUMN Tambang meyakinkan masyarakat bahwa negara bisa punya 51% saham Freeport Indonesia. Bagaimana caranya masih dirundingkan, sekali lagi pemerintah yakin bahwa divestasi 51% Freeport segera selesai.

Dalam prosesnya perundingan muncul bahwa pemerintah melalui Inalum akan membeli hak partisipasi Rio Tinto, di mana perusahaan tambang asal Inggris-Australia itu memiliki hak partisipasi 40% di PT Freeport Indonesia.

Baca Juga: Divestasi 51% Saham Freeport, Dirut Inalum: Ikut Pak Jonan, Juni 2018

Rencana tersebut dibenarkan Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin. Mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini mengatakan, proses pembahasan Inalum dengan Rio Tinto masih berlangsung.

"Detail transaksinya kita belum bisa sampaikan tapi kita bisa pastikan (membeli) karena tadi kan banyak juga disampaikan. Tetapi tetap kok yang kita capai 51% saham," ujarnya, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Baca Juga: Pembelian Saham Rio Tinto Diklaim Jadi Cara Masuk ke Freeport

Menurut Budi, pemerintah tidak hanya akan kuasai saham Freeport, tapi akan menguasai pengelolaan tambang PT Freeport. Untuk bisa kuasai itu, maka PT Inalum harus kuasai dulu PI milik Rio Tinto.

"Tahun 1996 itu ada tanda tangan antara Freeport dengan Rio Tinto di mana ada pembagian revenue sharing. Jadi kalau kita ingin kuasai benar-benar 51% ya kita meski diskusi dengan semua pihak," ujarnya.

Baca Juga: Divestasi 51% Saham Freeport, Pemerintah Mulai Bagi-Bagi Jatah

Kendati demikian, Budi tidak bisa menjelaskan detail proses perundingan Inalum dengan Freeport seperti apa. Yang jelas pemerintah akan menguasai 51% saham Freeport Indonesia.

"Teka-teki nanti ya. Tapi percayalah 51%," tegasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini