Image

TIPS KARIER: Punya Bos yang Keras? Bisa Jadi Atasan Melihat Potensi Diri Anda!

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018, 23:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1844308 tips-karier-punya-bos-yang-keras-bisa-jadi-atasan-melihat-potensi-diri-anda-hvA6BpDsns.jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Pernahkah Anda memiliki atasan yang selalu mengawasi Anda? Atau atasan yang selalu memberi Anda tugas yang paling susah, dan berharap Anda mewujudkan target yang tidak realistis?

Seperti dilansir dari themuse, setelah mengeluh dan bercerita panjang kepada keluarga, sahabat, dan teman Anda setiap hari kini waktunya Anda untuk melihat dari sisi yang berbeda. Dalam hal ini mungkin Anda salah menangkap maksud atasan Anda. Mungkin Anda sudah lebih dulu berpikir negatif mengenai atasan Anda. Padahal, mungkin atasan Anda memiliki maksud yang baik kepada Anda.

Mungkin Anda menganggap hal ini adalah takdir buruk yang terjadi pada diri Anda. Dengan berpikir seperti itu hanya akan membuat hidup Anda semakin sulit dan berat. Maka cobalah beri waktu kepada diri Anda sendiri untuk memikirkan kembali sebenarnya apa alasan di balik perlakuan atasan Anda tersebut. Berikut beberapa alasan yang mungkin menjadi alasan atasan Anda melakukan hal tersebut.

Baca Juga: TIPS KARIER: Kesuksesan Tak Bisa Andalkan Produk 1 Hit Wonder

1. Atasan Anda Menunggu Anda untuk Membuktikan Diri

Atasan yang baik biasanya memiliki standar yang tinggi. Namun, ketika Anda menjadi anggota terbaru dalam tim dan atasan Anda tidak familiar dengan sikap, komitmen, dan kualitas kerja Anda, berarti kemungkinan besar Anda akan diperhatikan lebih dibanding yang lain.

Terdengar tidak adil bukan? Anda boleh saja berpikir seperti itu, namun cobalah untuk menempatkan diri Anda pada posisi atasan Anda. Tentunya setiap atasan ingin benar-benar mengetahui setiap anggotanya sehingga dapat berkomunikasi dengan baik untuk dapat menghasilkan pekerjaan yang maksimal.

Sekarang, tantangan bagi Anda adalah dengan tetap bersikap kuat sampai Anda mencapai titik di mana Anda bisa dipercaya. Akan sangat mudah untuk tahu mengapa atasan Anda selalu mencecar Anda. Namun, sekali Anda membuktikan bahwa Anda orang yang memiliki kemampuan, Anda akan dihormati oleh atasan Anda dan pada akhirnya Anda bisa bernapas.

Baca Juga: TIPS KARIER: 3 Alasan Orang Lebih Incar Kerja di "Perusahaan Mapan"

2. Atasan Anda Percaya bahwa Anda Bisa Melakukan Lebih

Jika atasan Anda sering kali memaksa Anda untuk menyelesaikan pekerjaan yang sulit dan bekerja lebih keras dari biasanya, itu bisa jadi bukan karena atasan Anda ingin membuat Anda keluar, tetapi mungkin karena dia tahu bahwa Anda memiliki kemampuan dan mampu untuk menyelesaikannya. Bisa jadi ini menjadi salah satu cara atasan Anda memberikan perhatian dengan terus membuka potensi Anda.

Mungkin dengan memaksa Anda menyelesaikan tugas yang sulit dan terus memberikan Anda tugas yang sulit atasan Anda berhasil membuat Anda frustrasi. Namun, dengan perlakuannya ini tentu Anda bisa memiliki pencapaian yang lebih pula dibanding dengan yang lain.

Maka cobalah untuk berpikir positif kepada atasan Anda. Dengan begitu, rasa optimistik Anda akan muncul dan Anda akan lebih rileks dan bisa menerima perlakuan atasan Anda ini.

Baca Juga: TIPS KARIER: Ingin Berkelanjutan dalam Bekerja, Kerja Keras dan Bertalenta Solusinya

3. Pekerjaan Anda adalah Refleksi dari Atasan Anda

Seorang atasan tidaklah dinilai berdasarkan capaiannya sendiri. Seorang atasan akan dinilai dari capaian bawahannya.

Ketika atasan Anda menekan Anda dengan memberikan pekerjaan yang sulit dan banyak, mungkin karena atasan Anda sedang mempersiapkan kenaikan jabatan atau promosi. Dengan begitu, atasan Anda menjadi jauh lebih agresif dengan cara memberi Anda tugas yang sulit dan banyak.

Jadi, ketika Anda memiliki atasan yang keras, cobalah untuk menerimanya. Jika Anda mampu bertahan dan terus kuat, mungkin Anda akan menemukan capaian yang luar biasa ke depan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini