nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RAHASIA SUKSES: Jeff Clarke, CEO di Balik Kenaikan Harga Saham Kodak

Lusia Widhi Pratiwi, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 18:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1844313 rahasia-sukses-jeff-clarke-ceo-di-balik-kenaikan-harga-saham-kodak-sIBe1FCMXi.jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Jeff Clarke merupakan Chief Executive Officer (CEO) Kodak. Perusahaan ini bergerak dari kamera ke uang digital (kripto). Perusahaan ini mengatakan bahwa pihaknya berinvestasi dalam teknologi blockchain dan berencana meluncurkan "cryptocurrency foto-sentris" yang disebut KODAKCoin.

Saham Kodak naik drastis sebanyak 125% dalam perdagangan setelah adanya pengumuman tersebut. Dengan adanya harga Bitcoin, Litecoin, Ripple dan mata uang digital lainnya yang melonjak, usaha kecil mencoba mengambil kesempatan untuk mencari minat investor.

Ada juga Long Island Iced Tea Corp yang mengubah namanya menjadi Long Blockchain Corp. selain itu, Bioptyx juga diganti sebagai Riot Blockchain dan menggeser model bisnisnya dari bioteknologi menjadi bitcoin. Rich Cigars perusahaan tembakau dan Vapetek sebuah perusahaan e-cigarette masing-masing menyatakan bahwa mereka akan melakukan bisnis blockchain.

Baca Juga: RAHASIA SUKSES: Bob Parsons, Pensiunan Marinir yang Jadi Pengusaha

Investor pada umumnya juga bereaksi terhadap pengumuman ini dengan menunjukkan sahamnya yang melonjak. Namun, Kodak membuat hal ini untuk menjadi sesuatu yang lebih dari sekadar keuntungan.

"Bagi banyak orang di industri teknologi, 'blockchain' dan 'cryptocurrency' adalah kata kunci yang cepat," Jeff Clarke, CEO Kodak, mengatakan dalam sebuah pernyataan. Kodak mengatakan akan menggunakan blockchain tersebut, yang pada dasarnya adalah buku besar digital, untuk platform baru yang disebut KODAKOne untuk membantu fotografer mengelola hak gambar. KODAKCoin akan digunakan untuk transaksi saat fotografer melisensikan pekerjaan mereka.

Baca Juga: RAHASIA SUKSES: Ou Zhongrong, Orang Terkaya Kedua China Penguasa Properti

Berita Kodak sangat cepat disambut oleh netizen. Sebagai contohnya salah satu reporter bercanda di Twitter, “mungkin hanya masalah waktu sebelum kita melihat peluncuran “PolaroidCOIN” dan “SearsCOIN”.

Sebelum bergabung dengan Kodak, Clarke adalah Managing Partner Augusta Columbia Capital (ACC) yang merupakan firma investasi swasta yang didirikannya pada tahun 2012. Dari tahun 2012 sampai 2014, Clarke adalah Chairman Travelport, Inc. yang merupakan perusahaan teknologi, di mana dia menjabat sebagai CEO dari tahun 2006 sampai 2011 setelah memimpin penjualannya dari Cendant Corporation ke Blackstone Group seharga USD4,3 miliar di tahun 2006.

Clarke adalah Chief Operating Officer CA, Inc. yang merupakan perusahaan perangkat lunak dari tahun 2004 hingga 2006. Di CA, dia bertanggung jawab atas penjualan, layanan, distribusi, corporate finance, merger dan akuisisi, teknologi informasi, strategi perusahaan dan perencanaan.

Sejak tahun 2002 hingga 2003, Clarke adalah Executive Vice President Global Operations di HP. Dia memiliki peran yang bertanggung jawab atas operasi manufaktur dan pengadaan internet HP di seluruh dunia. Dia juga turut memimpin integrasi merger HP dengan Compaq Computer yang bergabung pada tahun 1998. Selain tiu, Clarke dengan Digital Equipment Corporation (DEC) dari tahun 1985 sampai 1998 betugas dalam peran manajemen dalam operasi, keuangan dan manufaktur internasional.

Baca Juga: RAHASIA SUKSES: Leonard Blavatnik, Pemilik Kekayaan USD20,5 Miliar yang Terus Berekspansi

Clarke bertugas di dewan direksi Docker, yang merupakan perusahaan perangkat lunak terdepan di dunia untuk membangun, mengamankan dan mengelola aplikasi di platform container global. Dari Maret 2016 hingga Juni 2017 dia juga bertugas di dewan direksi Autodesk, Inc. yang adalah perusahaan perangkat lunak mengenai desain, teknik dan hiburan 3D. selain itu, dirinya juga bertugas di dewan direksi Red Hat, Inc., sebuah perusahaan perangkat lunak dari tahun 2008 hingga 2016. Dia juga menjabat sebagai ketua Orbitz Worldwide, agen perjalanan online global dari tahun 2007 hingga 2014. Ada pula, dirinya menjabat sebagai direktur Compuware Corporation, dari tahun 2013 hingga 2014.

Clarke memperoleh gelar MBA dari Northeastern University, di mana dia menjabat sebagai Trustee. Dia memegang B.A di bidang ekonomi dari SUNY Geneseo.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini