Image

KATA MEREKA: Penenggelaman Kapal oleh Menteri Susi, Apa Beri Efek Jera?

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018, 08:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1844318 kata-mereka-penenggelaman-kapal-oleh-menteri-susi-apa-beri-efek-jera-Olu2TIMJvX.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA – Beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengeluarkan pernyataan bahwa dirinya meminta Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk menghentikan penenggelaman kapal pada 2018 ini. Luhut mengatakan bahwa penenggelaman ini sudah cukup dilakukan pada 3 tahun terakhir.

Larangan penenggelaman kapal ini pun didukung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Wapres mengatakan, penenggelaman sudah cukup dilakukan karena dibutuhkan banyak kapal untuk meningkatkan ekspor ikan. Menurutnya, kapal-kapal hasil tangkapan lebih baik dilelang atau dipergunakan kembali untuk meningkatkan penangkapan ikan.

Lantas, bagaimana masyarakat menanggapi penghentian penenggelaman kapal ini? Mari kita simak pendapat beberapa masyarakat di bawah ini.

Baca Juga: KATA MEREKA: Penerimaan CPNS Dibuka Lagi, Masyarakat Minta Lebih Sering

Nidya, Karyawan Event Organizer (EO)

Asal ada solusi yang lebih baik sih tidak apa-apa. Sebenarnya ide menenggelamkan itu bagus untuk bikin efek jera, tapi kalau dilihat dari segi lain, contoh lingkungan, kalau kapal diledakan di laut berarti kan pasti akan mencemari, itu apakah sudah dipikirkan?

Tidak hanya itu, lalu kapalnya sebenarnya berguna juga kan daripada diledakin. Saya dengar ada usul dilelang. Menurut saya dilelang saja lebih baik, karena yang saya dengar harga kapal yang diledakin bisa 1.4M.

Baca Juga: KATA MEREKA: Kereta Bandara Soetta, si Penerobos Kemacetan

Alex, Karyawan Swasta

Saya pribadi tidak setuju dengan larangan penenggelaman kapal ini. Menurut saya, penenggelaman kapal ini menunjukkan ketegasan Indonesia. Dengan adanya larangan ini Indonesia akan terlihat tidak tegas. Adanya penenggelaman ini saja pelaku illegal fishing masih ada, bagaimana kalau dihilangkan. Tidak kah semakin berani?

Jadi, menurut saya penenggelaman kapal ini cukup efektif dan sebaiknya jangan dihilangkan.

Arsandra, Mahasiswa

Kalau menurut saya, sayang saja sih dilarang. Soalnya kan itu sudah kebijakan represif gitu loh. USudah diperingatkan untuk tidak secara ilegal mengambil ikan atau nyelundupin barang. Dengan begitu kan timbul efek jera kan.

Baca Juga: KATA MEREKA: Kereta Bandara Telah Lahir, Nyaman dan Fasilitas Lengkap

Dengan adanya pelarangan kayak gini malah bikin pertahanan maritim kita jadi longgar lagi. Toh juga kalau bisa, alangkah bijaknya kalau ada sesuatu yang tidak berkenan tentang sebuah kebijakan di dalam kementrian, selesaikan saja secara internal melalui rapat. Jangan di publish dulu ke media. Malah jadi semakin keruh. Begitu saja sih.

Enggar, Mahasiswa

Menurut saya, harusnya jangan dilarang, kan itu bisa bikin efek jera juga sama yang melakukan illegal fishing dan langkah yang diambil juga tidak mengurangi kinerja dari menteri kelautan dan perikanan sendiri

Kalau menurut saya, lanjutkan saja udah, tidak usah dengarkan kata menteri maritim. Toh Pak Jokowi juga tidak melarang. Indonesia jangan lemah lagi lah, illegal fishing harus ditenggelamkan soalnya Indonesia tuh punya luas laut yang lebih besar dari daratan, berarti aset laut harus dijaga.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini