Image

Dana Pembangunan Pelabuhan Patimban Cair Maret 2018

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 20:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1844325 dana-pembangunan-pelabuhan-patimban-cair-maret-2018-Ss5xkCJhSN.jpg Foto: Yohana/Okezone

JAKARTA - Pemerintah Indonesia mendapatkan pinjaman dari Japan International Coorporation Agency (JICA) untuk proyek pembangunan Pelabuhan Patimban Tahap I senilai 118,9 miliar yen atau setara Rp14,3 triliun.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan kucuran dana akan cair pada bulan Maret 2018. Namun pencarian dana akan bertahap selama dua tahun.

"Iya, Maret (pinjaman cair) nanti akan selesai dalam dua tahun ya," ujar Direktur Kepelabuhanan Kemenhub Chandra Irawan, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Baca Juga: Pastikan Kelancaran Arus Barang, Kemenhub Tertibkan Perizinan Tersus dan TUKS

Seiring pencairan dana, pembangunan pelabuhan yang terletak di Kabupaten Subang ini juga akan dimulai pada Maret mendatang.

"Maret artinya sudah ditunjuk untuk mulai. Bukan operator tapi buat pembangunan," tambahnya.

Adapun untuk operator, Chandra mengatakan, masih terus dilakukan berproses hingga akhirnya akan ditentukan lewat lelang. "Operator mungkin baru mulai tender pertengahan Maret atau April," ucapnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kerjasama antara Jepang dan Indonesia ini akan menghasilkan perusahaan patungan (join venture).

Baca Juga: Tentukan Lokasi Pelabuhan Patimban, Gubernur Jabar: Yang Lain 3 Bulanan, Kita 1,5 Bulan Saja

"Operator ini akan kita tenderkan, karena operator ini nanti konsorsium antara Indonesia dan Jepang, Indonesia yang mayoritas. Iya (ada join venture)," jelas Budi.

Senada dengan Chandra, Menhub juga menyatakan pendanaan Pelabuhan Patimban dapat selesai di bulan Maret.

"Kita harapkan bulan Maret itu bisa diselesaikan pembayaran," ucapnya.

Sekadar diketahui, pembangunan Pelabuhan Patimban terbagi menjadi tiga tahap, khusus untuk tahap pertama terbagi lagi ke dalam dua fase.

Baca Juga: Pemprov Jabar Siap Bersaing Kelola Pelabuhan Patimban

Tahap pertama fase 1 Pelabuhan Patimban akan memiliki terminal kendaraan dengan dermaga sepanjang 300 meter serta terminal peti kemas 420 x 35 meter dari total panjang dermaga keseluruhan tahap 1, 2 dan 3 sepanjang 4.320 meter, serta kedalaman perairan -10 m LWS. Sedangkan lapangan peti kemas memiliki luas 35 hektar dengan kapasitas 250.000 TEUs dari total kapasitas Tahap 1 sebesar 3,75 TEUs.

Selanjutnya, di tahap pertama fase kedua nantinya terminal kendaraan menjadi 690 m sedangkan terminal peti kemas diperpanjang dan diperluas menjadi 1.740 x 35 meter dari total panjang dermaga keseluruhan 4.320 meter, dengan kedalaman -14 m LWS. Sedangkan lapangan peti kemas ditambah seluas 66 hektar dengan kapasitas 3,5 juta TEUs dari total kapasitas 3,75 TEUs untuk Tahap 1.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini