Image

Ketahui 8 Hal Berikut Sebelum Memutuskan Jual Rumah

Agregasi Minggu 14 Januari 2018 22:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 13 320 1844604 ketahui-8-hal-berikut-sebelum-memutuskan-jual-rumah-S0ODy5vhCo.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Menjual rumah bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Layaknya sebuah game, Anda memerlukan tips dan trik jitu agar bisa menang. Tips dan trik yang tepat tentu semakin memudahkan kita saat ingin menjual rumah. Tips dan trik jitu juga dipercaya dapat mendongkrak tingkat keuntungan.

Jika Anda ingin menjual rumah, tapi belum punya tips dan trik jitunya, inilah hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan menjual rumah.

1. Yakinkan Diri Sebelum Menjual Rumah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah meyakinkan diri apakah ingin menjual rumah tersebut atau tidak. Buatlah keputusan berdasarkan hati nurani. Jangan biarkan orang-orang di sekitar memengaruhi Anda. Jika tidak dapat mengambil keputusan, mintalah pendapat dari keluarga dan orang-orang terdekat.

Apabila tekad sudah bulat, persiapkan hal yang diperlukan agar proses penjualan rumah semakin mudah. Kumpulkan dokumen dan berkas yang berkaitan dengan rumah tersebut. Ingat, jangan pernah menjual rumah atas dasar emosional. Hal ini hanya akan membuat diri Anda menyesal di kemudian hari.

2. Perhatikan Kondisi Rumah

Selanjutnya, Anda perlu memerhatikan kondisi rumah secara teliti. Perhatikan setiap detail bagian rumah apakah semuanya sudah bersih atau tidak. Jika ternyata ada area yang masih kotor, sapu area tersebut sampai bersih. Apalagi daerah kolong-kolong dan sudut-sudut dinding. Jika kondisi rumah sudah 100% bersih, lanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Merenovasi Rumah

Langkah selanjutnya ialah merenovasi rumah apabila terdapat bagian yang rusak, seperti genteng. Buatlah seolah-olah rumah menjadi seperti baru. Apabila kondisi rumah baik, daya jualnya juga akan semakin tinggi. Anda juga dapat dengan mudah menemukan calon pembeli.

Seperti yang kita tahu, renovasi rumah membutuhkan biaya yang lumayan besar. Apalagi kalau area yang diperbaiki semakin banyak. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan dana tambahan untuk mengkover biaya renovasi sebelum akhirnya rumah siap dijual.

4. Mengetahui Pangsa Pasar

Selanjutnya, Anda perlu menentukan siapa yang menjadi target pasar atas rumah yang akan dijual. Apakah kalangan menengah ke atas atau menengah ke bawah. Menentukan target pasar akan memudahkan untuk menemukan calon pembeli karena Anda akan lebih fokus pada kalangan yang akan dituju.

Menentukan pangsa pasar juga membantu untuk menetapkan harga jual. Dengan begitu, harga jual rumah sesuai dengan kondisi keuangan calon pembeli.

5. Menetapkan Harga Jual Rumah

Harga jual yang ditetapkan haruslah sesuai dengan harga pasar. Jangan pernah menetapkan harga rumah yang jauh di atas harga pasar. Apalagi jika tipe rumah yang dijual sangat kecil, tapi harganya tinggi, tentu rumah tersebut akan sulit sekali laku. Biaya yang Anda keluarkan juga bertambah banyak mengingat adanya biaya perawatan untuk menjaga kualitas dari bangunan tersebut.

Cara menetapkan harga jual tidaklah terlalu sulit. Cukup dengan mencari informasi harga properti dari berbagai sumber, seperti internet dan surat kabar. Lalu, sesuaikan dengan kualitas dari rumah dan tipe rumah tersebut.

6. Ketahui Mekanisme Penjualan Rumah

Proses menjual rumah tentu akan semakin mudah jika semua dokumennya lengkap. Untuk itu, kumpulkan semua dokumen yang dibutuhkan secepat mungkin. Apabila salah satu dokumen tidak lengkap, silakan urus dokumen tersebut. Ikuti tahap demi tahap dengan benar sampai pada tahap persetujuan penjualan.

7. Minta Bantuan Pihak Ketiga

Bantuan pihak ketiga sangat dibutuhkan proses penjualan rumah tidak berjalan sesuai harapan. Mintalah bantuan jasa broker untuk mencari calon pembeli yang sesuai. Namun, Anda harus rela berbagi keuntungan dengan broker tersebut sesuai persentase yang telah disepakati sebelumnya.

8. Ikut Pameran atau Lelang Rumah

Ikut pameran atau lelang merupakan cara terbaik agar rumah laku dengan cepat. Proses lelang biasanya dihadiri para investor properti. Dengan begitu, kemungkinan terjualnya rumah juga lebih tinggi. Keuntungan yang didapatkan pun juga semakin besar.

Menjual Rumah Membutuhkan Kesabaran

Menemukan calon pembeli tidak semudah yang dibayangkan. Terutama jika rumah berada di lokasi pedalaman. Untuk itu, dibutuhkan kesabaran ekstra. Lakukan promosi secara terus-menerus dan lakukan delapan tips di atas dengan benar. Semoga beruntung!

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini