Image

Mau Bikin Bisnis Startup tapi Bingung Idenya? Ini Tipsnya

Agregasi Minggu 14 Januari 2018 23:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 13 320 1844605 mau-bikin-bisnis-startup-tapi-bingung-idenya-ini-tipsnya-UkJOZUycYh.jpg

JAKARTA - Saat ini perkembangan bisnis startup cukup pesat, bahkan sudah banyak bermunculan bisnis-bisnis startup yang kreatif yang mana dapat menarik perhatian konsumen di pasaran. Menjalankan bisnis startup memang membutuhkan ide kreatif dan brilian sebagai modal utama. Karena itu, bagi Anda yang ingin membuka bisnis startup, akan lebih penting untuk mencari ide sekreatif mungkin untuk dijalankan.

Mendapatkan ide yang kreatif dan menarik bukanlah hal yang mudah jika Anda tidak mengetahui trik dan metodenya. Ide kreatif terbesar tentunya berawal dari ide-ide kreatif kecil dalam jumlah yang banyak.

Mungkin saja ide yang dipikirkan hari ini akan berbeda dengan apa yang dipikirkan beberapa hari kemudian. Namun, tentu saja di antara ide-ide bisnis yang banyak tersebut, ada yang layak untuk dijadikan sebuah bisnis yang sukses dan besar.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dicoba untuk bisa mendapatkan ide bisnis yang lebih kreatif untuk bisnis startup yang akan dijalankan.

1. Cobalah Berpikir Seperti Kreator

Seorang kreator tentunya dituntut untuk menghasilkan ide dan karya baru yang mana lebih unik, inovatif, dan berbeda dibandingkan lainnya. Meskipun konsepnya terkadang sempurna, tetap dapat menghasilkan karya-karya yang berbeda dan unik dibandingkan lainnya.

Tak perlu mencoba menjadi kreator, Anda hanya perlu untuk membiasakan diri berpikir seperti halnya yang dilakukan kreator. Pada umumnya, seorang kreator selalu merangkum berbagai ide yang dipikirkannya ke dalam sebuah daftar. Selain itu, seorang kreator juga selalu berpikir untuk dapat menciptakan sesuatu.

Berusaha menciptakan sesuatu yang baru itulah yang memungkinkan untuk membuka pola pikir Anda pada hal-hal yang baru. Dengan begitu, nantinya ide-ide kreatif tersebut dapat muncul dengan sendirinya.

2. Sadar Terhadap Masalah dan Cari Solusinya

Langkah lainnya yang efektif dilakukan untuk bisa menghasilkan ide-ide bisnis yang lebih unik dan kreatif adalah mencoba lebih peka terhadap sebuah masalah dan mencoba mencari solusi untuk menyelesaikannya. Sebuah ide tidak akan lahir jika tidak ada masalah di dalamnya dan solusi untuk menyelesaikannya.

Karena itu, cobalah untuk lebih peka terhadap masalah yang ada di sekitar. Jika Anda data lebih peka pada masalah-masalah yang dialami diri sendiri ataupun orang lain, Anda bisa mencoba untuk mencari solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Bila hal tersebut mampu dilakukan, secara tidak langsung Anda bisa menghasilkan ide bisnis yang kreatif. Ubah solusi yang didapatkan tersebut menjadi sebuah bisnis yang nantinya dapat dibangun dan dikembangkan.

3. Perbanyak Relasi dengan Orang-Orang Sukses

Anda bisa mencari ide-ide sekreatif mungkin dari relasi-relasi yang dimiliki. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mencari teman ataupun kenalan yang memang merupakan orang-orang sukses. Bergaul dengan orang-orang yang sukses tentunya akan memengaruhi kepribadian yang dimiliki meskipun hanya sedikit.

Dengan begitu, memotivasi Anda untuk selalu berpacu dan bersaing secara positif. Bergaul dengan orang-orang sukses membuat Anda dapat mengumpulkan beragam informasi serta pengalaman bermanfaat yang dapat diubah ke dalam bentuk ide bisnis.

4. Lakukan Riset Tentang Bisnis dan Produk

Melakukan riset tentang bisnis dan produk akan membantu Anda untuk mendapatkan ide bisnis yang lebih kreatif dibandingkan lainnya. Melakukan riset produk perlu dilakukan agar dapat memastikan jika produk atau jasa yang ditawarkan memiliki tempat di hati masyarakat sebagai konsumen.

Saat ini riset dapat mudah dilakukan dengan bantuan internet saja Anda bisa mem-browsing untuk menemukan beragam ide produk dan jasa yang menarik dan unik. Setelah mendapatkannya, Anda bisa memadupadankannya dengan produk dan jasa yang sudah ada dan kemudian membentuknya kembali sebagai bisnis baru yang lebih fresh dan original.

5. Belajar dari Kesuksesan Orang Lain

Ide kreatif akan terus menerus muncul jika Anda mau belajar. Belajar dapat dilakukan di mana pun, bahkan dari kesuksesan orang lain. Bisnis yang sudah mengalami kesuksesan, tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Dari keunggulan-keunggulan tersebut Anda bisa mempelajari bagaimana memulai untuk membangun bisnis yang serupa, tapi berbeda dan memiliki nilai lebih tersendiri.

6. Selalu Amati Tren Terbaru

Metode lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan rajin mengamati tren-tren terbaru yang terus berkembang. Tren merupakan sesuatu yang selalu dibicarakan oleh kebanyakan orang saat ini dan didasarkan pada fakta-fakta yang ada.

Anda bisa mencoba untuk mengamati tren-tren terbaru dari sisi mana pun. Entah dari sosial, lingkungan, politik, dan lainnya yang mana dapat menjadi inspirasi untuk memulai bisnis yang lebih kreatif.

Jangan Takut Menjadi Unik dan Berbeda

Dalam dunia bisnis, jangan takut untuk menjadi unik dan berbeda. Yang terpenting adalah ide bisnis yang dijalankan memiliki manfaat untuk banyak masyarakat. Dengan begitu, nantinya produk dan jasa yang Anda tawarkan memiliki tempat tersendiri di hati konsumen.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini