Image

Pilih Asuransi Mobil yang Untung dengan Cara Ini

Agregasi Minggu 14 Januari 2018, 12:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 13 320 1844607 pilih-asuransi-mobil-yang-untung-dengan-cara-ini-dzyJfDx4r5.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Kendaraan bermotor mengalami peningkatan yang cukup pesat sehingga menjadi penyebab utama meningkatnya kemacetan. Kondisi ini dapat dilihat dari tingkat kemacetan yang merajalela, terutama di daerah padat pendudukny, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Selain meningkatkan kemacetan, peningkatan jumlah kendaraan juga menjadi pemicu utama meningkatnya jumlah kecelakaan lalu lintas.

Setiap kecelakaan menimbulkan kerugian tersendiri, baik bagi pelaku maupun korban. Tingkat kerugiannya juga cukup besar disertai bertambah parahnya kerusakan yang ditimbulkan. Mengambil produk asuransi kendaraan, semisal asuransi mobil, menjadi solusi untuk mengantisipasi hal ini.

Namun, memilih asuransi mobil tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa tips jitu yang perlu diperhatikan agar asuransi menguntungkan di masa depan. Apa saja itu?

1. Sesuaikan Produk Asuransi dengan Kebutuhan

Ada dua jenis asuransi mobil yang ditawarkan pihak asuransi, yaitu:

• All Risk

Merupakan asuransi yang biaya pertanggungannya dibebankan secara keseluruhan kepada perusahaan yang bersangkutan. Dengan kata lain, nasabah tidak perlu memikirkan berapa biaya perbaikan mobil yang rusak. Semua kerugian akan ditanggung pihak perusahaan sesuai dengan apa yang tertulis pada polis

• Total Loss Only (TLO)

Merupakan jenis asuransi yang meng-cover hanya sebagian biaya saja. Biaya tersebut akan diberikan oleh perusahaan apabila mobil Anda hilang secara total, seperti dicuri dan rusak lebih dari 75%. Asuransi TLO sangat cocok untuk mobil yang umurnya sudah tua, misalnya 10 tahun ke atas.

2. Pertimbangkan Biaya Premi yang Dibayar Per Bulan

Jenis asuransi yang dipilih akan menentukan besarnya biaya premi yang dibayar setiap bulan. Dari dua jenis asuransi di atas, dapat dipastikan premi asuransi All Risk lebih mahal dibandingkan TLO.

Perbedaan manfaat yang diberikan menjadi alasan utama perbedaan besarnya premi yang dibayarkan. Bagi Anda yang ingin kendaraan selalu aman dari kerusakan, ada baiknya memilih asuransi all risk, mengingat manfaatnya yang lebih.

3. Lakukan Perbandingan Setiap Perusahaan Asuransi

Setiap perusahaan asuransi memiliki aturan main sendiri, baik mengenai premi, polis, maupun manfaat dari setiap jenis asuransi. Sebelum mengambil produk asuransi, lakukan perbandingan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Ketahui apa yang menjadi perbedaannya dan pilihlah perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan dan pastinya menguntungkan.

4. Pertimbangkan Track Record Perusahaan Asuransi

Track record atau rekam jejak dari perusahaan asuransi juga perlu diperhatikan. Perusahaan yang sudah mendunia biasanya memiliki track record yang bagus. Entah itu dari segi pertanggungjawaban ataupun pelayanan yang diberikan.

Mengetahui track record perusahaan tidaklah sulit. Anda hanya perlu melihat profil singkat perusahaan tersebut. Lalu, lihat bagaimana sistem yang diterapkan dalam mengelola perusahaan. Jangan lupa lihat laporan keuangan perusahaan untuk menghindari perusahaan asuransi mobil abal-abal.

5. Lihat Testimoni Nasabah

Perusahaan yang bagus memiliki track record yang bagus pula. Perusahaan tipe ini juga telah diakui banyak orang dan cukup terkenal sampai ke seluruh dunia. Selain melihat laporan keuangan dan performa perusahaan, kinerja juga dapat dilihat dari testimoni pada nasabahnya. Apabila 70% nasabah memberikan komentar positif, itu tandanya perusahaan tersebut layak untuk diperhitungkan.

6. Pertimbangkan Manfaat yang Ditawarkan

Sama halnya seperti kebijakan, manfaat yang diberikan setiap perusahaan asuransi juga berbeda. Pada era sekarang ini, hampir semua perusahaan berusaha memberikan manfaat terbaik. Namun, jangan sampai Anda gelap mata. Jangan mudah tergiur pada tawaran perusahaan yang menjanjikan premi rendah dengan manfaat yang luar biasa.

Ada baiknya bila Anda mempertimbangkan apa yang dibayarkan dengan apa yang didapatkan. Jika ternyata yang dibayar tidak sesuai dengan manfaat yang didapat, segera beralih ke perusahaan asuransi lain yang mampu mencukupi kebutuhan Anda.

Lebih Cermat saat Memilih Perusahaan Asuransi

Percaya atau tidak, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal jika lebih cermat saat memilih perusahaan asuransi. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan asuransi mobil dari berbagai sumber. Misalnya, internet dan sosial media. Kalau perlu, minta saran teman yang sudah pernah bergabung di salah satu perusahaan asuransi ternama di Indonesia.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini