Harga Beras Mahal, Zulkifli Hasan Minta Bulog Habiskan pasokan

Bramantyo, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018 16:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 14 320 1844740 harga-beras-mahal-zulkifli-hasan-minta-bulog-habiskan-pasokan-3JeChVaiaO.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

SOLO - Kenaikan beras yang merupakan makanan pokok di sejumlah pasar tradisional di kota Solo dan sekitarnya terakhir ini, banyak dikeluhkan pedagang dan juga masyarakat. Harga beras di pasaran untuk jenis biasa (lokal) mencapai Rp. 10.000 per kilogram (kg).

Saat mengunjungi kota Solo, Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan menyempatkan diri mengunjungi pasar tradisional kota Solo yakni pasar Gede. Dirinya mengaku kaget saat mengetahui harga beras di pasaran lumayan tinggi.

 Baca juga: Impor Beras Diperlukan untuk Jaga Keseimbangan Harga dan Pasokan

"Kenaikan harga beras cukup tinggi, antara Rp. 2.000 hingga Rp2.500. Pemerintah harus segera turun dan melakukan pengawasan. Segera dilakukan operasi pasar besar-besaran," jelas Zulkifli Hasan, Minggu (14/1/2018).

 Baca juga: Impor Beras 500.000 Ton Mendag Pastikan Tak Pakai APBN

Zulkifli juga menyampaikan, pemerintah segera habiskan stok beras yang masih tersimpan di Bulog, dengan demikian harga beras bisa berangsur turun.

 Baca juga; Kementan: Impor Beras Khusus 500.000 Ton Hanya untuk 5 Hari

Ada baiknya, lanjut Zulkifli, habiskan stok beras Bulog daripada. Pemerintah harus impor dari negara lain. Seandainya harus mengimpor lebih baik pesan dahulu di negara tersebut dan digunakan sebagai cadangan.

"Stok di Bulog dihabiskan, harga akan kembali normal. Kasihan rakyat kita hadapi banyak kenaikan mulai dari gas, listrik, kini beras juga naik," pungkas Zulkifli.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini