nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BUSINESS HITS: Manfaatkan Kekayaan Alam, Ubah Buah Jeruk Kunci Jadi Sirup Raup Rp20 Juta/Bulan

Anisa Anindita, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 02:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 14 320 1844785 business-hits-manfaatkan-kekayaan-alam-ubah-buah-jeruk-kunci-jadi-sirup-raup-rp20-juta-bulan-KIZrFYORLk.jpg Foto: Sirup Jeruk Kunci Mirrando (Arsan/Okezone)

PANGKALPINANG  - Pelaku UMKM asal Bangka Belitung, Hera memanfaatkan buah jeruk sebagai kunci untuk mengembangkan usahanya. Pasalnya, Hera dapat membuat minuman segar, yakni sari buah Jeruk Kunci bernama Mirrando. Idenya pertama kali muncul karena di Babel banyak sekali pohon jeruk kunci, jeruk yang baisa digunakan sebagai jeruk sambal. Kemudian, Hera pun menjelaskan proses pembuatannya kepada Okezone, dimulai dari mencuci buah jeruk kunci, lalu diiris, jeruk kemudian diperas yang masih menggunakan alat bantu manual sehingga kualitas tetap terjaga dan higienis.

Adapun komposisi yang Hera gunakan, antara lain air, gula pasir putih, dan sari jeruk kunci yang sudah diperas. Mengenai produksinya, awalnya Hera hanya menjual dalam skala kecil-kecil ke tok-toko, untuk kebutuhan bazar, serta kunjungan tokoh daerah, lama kelamaan banyak permintaan. Satu botol sirup harga distributor Rp15.000, tetapi kalau sudah di toko-toko bisa dijual Rp17.000 tergantung kebijakan penjualnya. Sedangkan, untuk kemasan siap minum ada dua varian rasa original, dan rasa sinmoi.

Sementara itu, untuk pemasaran lainnya, Hera dibantu bersama saudara, teman melalui media sosial, e-commerce, pameran bazaar UMKM, serta dibina oleh Disperindag, dan Kadin. Awalnya sejak dirintis pada 2012, Hera hanya memiliki satu pegawai, namun seiring berjalannya waktu, banyaknya permintaan dan pemesanan hingga saat ini, dia telah memperkerjakan 4 karyawan di rumahnya. Di samping itu, mengenai omzet, kata Hera, sehari dia bisa mengantongi sekitar Rp1 juta, dan sebulan rata-rata Rp20 juta, bahkan kalau sedang ramai pembeli hingga Rp24 juta. (yau)

Baca Selengkapnya: INSPIRASI BISNIS: Sirup Jeruk Kunci Dijual Lewat Sosmed Untung Rp20 Juta/Bulan

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini