Image

BUSINESS HITS: Pengguna Kartu Kredit Hindari 5 Kesalahan yang Umum Dilakukan

Anisa Anindita, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 03:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 14 320 1844789 business-hits-pengguna-kartu-kredit-hindari-5-kesalahan-yang-umum-dilakukan-Q6pOhyADSP.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Setiap orang menginginkan sesuatu yang praktis dalam segala bidang, termasuk dalam masalah pembayaran. Dengan adanya uang elektronik, Anda tak perlu kerepotan untuk membawa uang dalam jumlah yang banyak ketika melakukan transaksi pembayaran. Namun, di balik kemudahannya tersebut, ada beberapa kekurangan yang dimiliki kartu kredit.

Adapun kesalahan-kesalahan berikut ini sering kali dilakukan pemilik kartu kredit yang dapat menyebabkan kerugian, antara lain menggunakan kartu kredit layaknya kartu debit, di mana Anda tidak dibebankan bunga jika menggunakan kartu debit, sedangkan kartu kredit Anda akan dibebankan bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya. Lalu yang kedua adalah membayar utang menggunakan kartu kredit, pinjaman ini akan membebankan bunga yang lebih tinggi dibandingkan jenis pinjaman dengan menggunakan agunan.

Kemudian yang ketiga adalah memiliki banyak kartu kredit, hal itu sama saja dengan Anda membuat utang yang semakin banyak, pasalnya setiap bank memiliki promonya masing-masing sehingga sering kali membuat Anda tergoda untuk menggunakannya. Selanjutnya yang keempat adalah menggangap sebagai uang tambahan, hal itu tidak salah asalkan Anda mengetahui batasan yang jelas tentang nominal yang harus digunakan. Terakhir adalah hanya membayar cicilan minimum, hal itu akan memperberat tagihan yang akan membuat utang semakin menumpuk. (yau)

Baca selengkapnya: Sikap Keliru Pengguna Kartu Kredit yang Umum Dilakukan

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini