nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baca Polis Asuransi Memang Lama, tapi dengan Cara Ini, Pahaminya Jadi Cepat

Agregasi Sabtu 20 Januari 2018 05:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 19 320 1847394 baca-polis-asuransi-memang-lama-tapi-dengan-cara-ini-pahaminya-jadi-cepat-aIIDpc59r3.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Asuransi jiwa sudah menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki setiap orang. Jika ingin mendaftarkan diri ke perusahaan yang menyediakan jasa asuransi jiwa, Anda harus pahami dulu polis yang pihak asuransi berikan.

Banyak orang yang belum memahami apa sebenarnya fungsi dari polis. Anda harus tahu dulu jika polis adalah sebuah perjanjian yang sifatnya tertulis dan berisi kesepakatan antara pihak asuransi dan pihak tertanggung. Itulah mengapa tanda tangan Anda atau persetujuan Anda dibutuhkan dalam polis.

Untuk membaca isi dari seluruh polis yang diberikan, tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Bahkan, Anda akan membutuhkan waktu berjam-jam untuk membacanya. Mengingat betapa pentingnya polis asuransi, Anda harus paham benar dengan isi polis tersebut.

Di bawah ini adalah cara-cara cepat untuk memahami polis asuransi kurang dari sejam. Apa saja cara-cara tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Ketahui Cooling Off Period dari Asuransi yang Diambil

Pahami sampai kapan Anda diberikan waktu untuk memahami isi polis atau yang biasa disebut cooling off period. Hal ini harus Anda ketahui sejak awal menerima polis. Sebab jika melebihi batas waktu yang ditentukan, Anda otomatis menyetujui isi dari polis tersebut.

Pada umumnya, pihak asuransi akan memberikan Anda jangka waktu sekitar 14 hari. Jika kurang dari waktu itu perjanjian dibatalkan, Anda tidak akan dikenakan biaya pembatalan. Namun, apabila melebihi batas waktu yang ditentukan, Anda wajib membayar biaya pembatalan yang sudah ditentukan kepada pihak yang bersangkutan.

2. Gunakan Metode Scanning

Polis asuransi adalah hal yang sangat penting dan harus Anda baca keseluruhannya. Membaca seluruh isi dari polis tentu sangat membosankan. Umumnya pihak asuransi akan memberikan Anda jangka waktu yang lumayan lama untuk memahami isi dari polis tersebut.

Jika tidak memiliki banyak waktu untuk hal tersebut, Anda bisa menggunakan metode scanning atau membaca cepat. Di sini Anda akan membaca polis pada bagian terpentingnya saja sehingga membaca polis tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

3. Koreksi Data

Ketika Anda mengajukan diri sebagai nasabah di salah satu perusahaan asuransi, tentu akan dimintai data lengkap seputar diri ataupun riwayat hidup. Data yang Anda berikan juga akan memengaruhi permi yang harus Anda bayar dan siapa saja keluarga Anda yang berhak menerima kompensasi dari Anda apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Koreksilah data secara lengkap, bahkan pada bagian ini Anda juga harus mengulangi beberapa kali untuk membacanya agar tidak terjadi kesalahan pencantuman pada data Anda.

4. Pahami Fungsi Premi

Seorang nasabah baru harus mengetahui apa fungsi dari premi. Pada umumnya, para nasabah tidak memahami kalau pada asuransi unit link, premi tidak hanya akan digunakan untuk asuransi, tetapi juga untuk investasi.

Pada asuransi unit link, pihak asuransi umumnya akan memberikan calon nasabah penjelasan tentang spekulasi atau prospek yang akan diperoleh nasabah nantinya. Namun, sebagai seorang nasabah, Anda juga harus memahami jika hal tersebut hanyalah sebuah spekulasi dan tidak menjamin kondisi pasar yang ada di masa mendatang,

5. Pahami Bagian Pengecualian dalam Polis

Saat membaca isi polis, Anda juga wajib memahami bagian pengecualian dalam polis. Dalam sebuah polis, tentu akan tertulis dalam kondisi apa saja Anda bisa mengklaim asuransi. Tentu dalam konteks ini nasabah juga akan diberikan pengecualian kejadian. Polis juga akan berisi kapan Anda bisa melakukan klaim dan kapan Anda tidak bisa mengajukan klaim.

Misalnya, Anda mengalami cedera akibat percobaan bunuh diri. Tentu kondisi ini termasuk dalam konteks pengecualian polis. Sebab cedera yang dialami terjadi akibat diri Anda sendiri dan disengaja. Dalam hal ini, Anda tidak diperkenankan untuk melakukan klaim ke perusahaan asuransi.

Pastikan Polis Asuransi Menguntungkan Anda

Calon nasabah mendaftarkan dirinya pada perusahaan asuransi dengan tujuan yang jelas, dan untuk mendapatkan keuntungan pada kondisi tertentu. Seorang calon nasabah wajib membaca bagian fungsi dari asuransi, apakah asuransi menguntungkan nasabah atau tidak. Hal ini juga harus Anda pikirkan saat Anda akan membeli produk asuransi agar nantinya Anda tidak terjebak dalam polis yang sudah disetujui.

Memilih asuransi yang tepat merupakan sebuah kewajiban bagi calon nasabah. Anda harus mampu menentukan mana polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan mana yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Pahami apa yang tertera dalam polis asuransi dan jangan sampai melakukan kecerobohan dengan menyetujui polis tanpa membacanya sama sekali. Dan keuntungan membaca isi dari polis adalah untuk menghindari kerugian di masa mendatang.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini