nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Pilih Asuransi, Cek Dulu Keuntungannya!

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 21 Januari 2018 08:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 20 320 1847944 sebelum-pilih-asuransi-cek-dulu-keuntungannya-o8PIpyoUoa.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Asuransi menjadi sesuatu yang penting untuk Anda miliki di era ini. Pasalnya, asuransi menawarkan berbagai keuntungan mulai dari tanggungan kesehatan, pendidikan, kepemilikan rumah baik untuk diri sendiri ataupun keluarga.

Seiring perkembangan zaman, asuransi pun tumbuh dengan berbagai macam tanggungan, fasilitas yang dilayani dari berbagai perusahaan asuransi. Lantas apa yang wajib diperhatikan dan disesuaikan dalam memilih asuransi?

Baca Juga: Berpotensi Rugi, Pahami Hal Ini Sebelum Investasi

Perencana Keuangan Mohamad Andoko menjelaskan, sebenarnya banyak yang mesti diperhatikan saat menentukan membeli asuransi. Tapi ada beberapa kunci wajib diperhatikan.

Pertama adalah kebutuhan dari uang pertanggungan si keluarga. Jadi, kata Andoko,  lihat kebutuhan asuransi apa yang dibutuhkan, misalnya apakah untuk refresh icome atau ditambah fasilitas seperti pendidikan anak, pemakaman dan lainnya.

Baca Juga: Jangan Asal Investasi, Cari Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin!

Kedua, jenis produk asuransi yang dipilih apakah produk tradisional term life atau unit link. Hal ini sangat penting karena kedua produk punya konsekuensi pada cost atau bayaran preminya.

"Term life lebih murah premi jadi bisa kantong hanya saja punya batasan. Misalnya dia tidak bisa dikombinasikan dengan critical illnes dan hanya mengcover sampai umur 60 tahun.  Kalau unit link sisi premi lebih mahal tapi benefitnya bisa dicover sampai 100 tahun, bisa dikombinasikan dengan critical illnes, hospital plan rawat inap," tuturnya kepada Okezone.

Setelah memilih produk dan menetapkan fasilitas asuransi yang dipilih, maka hal berikutnya yang harus disesuaikan adalah kantong atau uang pembayarannya. Jangan sampai tidak bisa bayar karena uang pertanggungan yang dibeli bisa hangus.

Baca Juga: Resolusi Keuangan 2018 bagi si Pemboros, Ingatlah "Dosa Keuangan"

Andoko mengatakan, ada asuransi yang lewat satu, dua hari tidak dibayar maka pertanggungan hangus. Hal ini patut diperhatikan karena  banyak terjadi dan si perusahaan asuransi tidak mentolerirnya.

"Misalnya term life 30 Januari habis, kemudian saya lupa bayar satu, dua hari. Ketika itu terjadi apa-apa, si ahli waris tidak dapat apa-apa. Sementara ada juga pembayaran autodebet kan itu mesti diperiksa rekeningnya jangan sampai habis. Ketika habis, polis tidak berlaku," tuturnya.

Kesimpulannya, kata Andoko, yang penting saat membeli asuransi adalah cek administrasi, taruh polis di mana, berapa biaya polis, costumer service di mana,  bagaimana layanan terhadap polis, dan klaim seperti apa.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini