Sederet Nama Besar di WEF 2018, dari Shahrukh Khan hingga Christine Lagarde

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 23 320 1849164 sederet-nama-besar-di-wef-2018-dari-shahrukh-khan-hingga-christine-lagarde-5aZGM39UYG.jpg WEF 2018. (Foto: Reuters)

SWISS - Ribuan pemimpin dari seluruh dunia dijadwalkan untuk kembali ke pegunungan bersalju Davos, Swiss, pekan depan untuk membahas isu-isu global terbaru. Tema utama dalam pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF) tahun ini adalah "Creating a Shared Future in a Fractured World".

Pertemuan ini, dihadiri sekira 2.500 pemimpin politik, keuangan, bisnis dan sains yang diharapkan hadir. Melansir CNBC, selain pemimpin negara ada juga beberapa nama yang menjadi sorotan karena aksi mereka, antara lain:


Donald Trump

Presiden Donald Trump siap untuk bergabung dalam pertemuan di WEF di Davos. Kunjungan Trump ke kota Swiss Alpine untuk acara tahunan akan menjadi yang pertama oleh presiden AS, sejak Bill Clinton pada tahun 2000. Forum 2018 akan menempatkan Trump di ruangan yang sama dengan banyak elite global lainnya.


Emmanuel Macron

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga diperkirakan akan menghadiri WEF di Davos. Sebagai seorang sentris pro-Eropa yang mendukung perdagangan bebas dan membela nilai-nilai demokrasi liberal, kehadirannya akan menjadi sorotan karena akan bertemu dengan Trump. Pasalnya, Trump telah mengecam perdagangan bebas yang dikatakan tidak adil bagi Amerika.


Cate Blanchett

Aktris ini diakui secara internasional dan ditunjuk sebagai Duta Goodwill Global untuk Komisi Tinggi Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) pada 2016. Dia diakui atas kepemimpinannya dalam meningkatkan kesadaran akan krisis pengungsi. WEF dijadwalkan memberikan Blanchett dengan Crystal Award karena baru saja meluncurkan prakarsa "Time's Up" melawan pelecehan seksual.


Shahrukh Khan

Penghargaan Kristal Tahunan ke-24 di Davos juga akan merayakan Shah Rukh Khan. Sebagai salah satu aktor Bollywood yang paling menonjol selama tiga dekade terakhir, Khan diakui atas kepemimpinannya dalam memperjuangkan hak-hak anak-anak dan perempuan di India.

Khan adalah pendiri Meer Foundation, yang menawarkan dukungan untuk korban serangan air keras dan luka bakar, utamanya kepada wanita, melalui perawatan medis dan dukungan mata pencaharian. Aktor ini juga telah membantu menciptakan bangsal rumah sakit khusus untuk anak-anak yang menjalani perawatan kanker.


Elton John

WEF akan menghormati salah satu artis solo paling sukses di dunia sepanjang masa atas kepemimpinannya dalam memerangi HIV-AIDS. Elton John akan menghadiri pertemuan global ini, karena WEF memberikan penghargaan pada Elton John AIDS Foundation (EJAF). Lembaga ini didirikan pada 1992, dan telah mengumpulkan lebih dari USD400 juta untuk mendukung ratusan program advokasi di seluruh dunia.


Christine Lagarde

Christine Lagarde akan hadir di Davos, bersama enam pemimpin bisnis dan politik wanita lainnya. Konferensi tersebut telah dikritik pada tahun-tahun sebelumnya karena tidak memiliki perwakilan perempuan.

Managing director Dana Moneter Internasional (IMF) ini menjadi wanita pertama yang memimpin institut yang di Washington tersebut, setekah meniti karir di bidang hukum internasional dan pemerintah Prancis.


Angela Merkel

Merkel dijadwalkan untuk berbicara pada hari yang sama dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan dua hari sebelum Presiden Donald Trump.

Jamie Dimon

JP Morgan Chase Chairman dan CEO Jamie Dimon juga akan hadir di WEF. Awal bulan ini, Dimon mundur karena kritiknya terhadap mata uang digital yang sekarang terkenal. Sebagai salah satu eksekutif di Wall Street, dia melabelkan mata uang digital tersebut sebagai Fraud dan membuat banyak orang di komunitas kripto-kardiak marah.


Lloyd Blankfein

CEO Goldman Sachs Lloyd Blankfein dipastikan akan kembali menghadiri WEF. Kritikus yang kuat terhadap administrasi Trump ini sering kali memarahi presiden AS di Twitter. Baru-baru ini, Blankfein memajang gambar Patung Liberty melalui lapisan kabut tebal dengan judul: "Pemandangan dari bangunan kita hari ini mengingatkan saya meskipun melalui banyak masalah, Amerika akan bersinar."


Ginni Rometty

Ketua, presiden dan CEO IBM ini akan menjadi pembicara di konferensi WEF. Dia memulai karirnya dengan raksasa teknologi ini hampir empat dekade yang lalu. Rometty telah mencapai serangkaian posisi kepemimpinan dengan perusahaan teknologi global sepanjang karirnya.


Will.I.Am

Musisi Amerika dan pengusaha teknologi Will.I.Am sering berkunjung ke Pegunungan Alpen Swiss dalam beberapa tahun terakhir. Pentolan The Black Eyed Peas ini, dibesarkan di salah satu lingkungan termiskin di Los Angeles.

Dia memulai sebuah yayasan enam tahun yang lalu dimana anak-anak memiliki kesempatan untuk belajar tentang robotika dan perangkat lunak komputer. Dalam sebuah wawancara dengan CNBC di forum tahun lalu, dia mengatakan bahwa berinteraksi dengan orang lain di Davos memungkinkan dia membawa lebih banyak gagasan ke rumah untuk terus mendukung yayasannya.


Emmerson Mnangagwa

Ini merupakan penampilan pertamanya di WEF di Davos, tiga bulan setelah dia disumpah sebagai presiden Zimbabwe. Mantan kepala keamanan yang berusia 75 tahun ini dikenal sebagai "Buaya", dan bercita-cita membawa negara Afrika Selatan masuk ke dalam masyarakat internasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini