Image

Jokowi Kagum Perubahan Total Istora Senayan Usai Direnovasi

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 18:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 23 320 1849168 jokowi-kagum-perubahan-total-istora-senayan-usai-direnovasi-Iz8UCRfXUp.jpg Presiden Joko Widodo meresmikan Istora Senayan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan lagi vanue Asian Games 2018. Orang nomor satu di Indonesia ini pun terkejut dengan warna Istora Senaya usai renovasi yang dilakukan untuk menyambut Asian Games 2018.

"Saya betul-betul tekejut masuk ke sini ada perubahan total di Istora Senayan dari keadaan sebelumnya," tuturnya saat meresmikan renovasi vanue bulu tangkis Asian Games 2018, di Jakarta, Selasa (23/1/2018).

Menurut Presiden, renovasi besar pada Istora Senayan mengembalikan jati dirinya pada pembangunan awal Istora Senayan di tahun 60-an. Dia berharap renovasi ini bisa digunakan sebagai acara olah raga ataupun even internasional lainnya.

"Istora Senayan bisa digunakan even olah raga dan lainnya. Derngan rahmat Tuhan Yang Maha Esa saya resmikan renovasi Istora Senayan," tandasnya.

Baca Juga: Istora Senayan Diresmikan Jokowi, Atlet Bulutangkis Indonesia Jadi Tamu VIP

Sekadar informasi, tamu undangan mulai dari pegawai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pejabat pemerintah dan awak media ikut menyaksikan diresmikannya renovasi Istora Senayan. Selain itu ada juga para penonton yang ikut menyaksikan.

Istora Senayan akan kembali menjadi saksi bisu serunya penyelenggaraan turnamen bulu tangkis kelas dunia Indonesia Masters pada 23-28 Januari 2018. Event internasional ini akan menjadi tahap evaluasi vanue bulu tangkis sebelum menyambut even akbar Asian Games pada Agustus nanti.

Sebelumnya Presiden Jokowi telah meresmikan 5 venue Asian Games 2018 yang berada di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta. Adapun ke lima venue tersebut yakni kolam renang aquatic, lapangan panahan, lapangan sepak bola ABC, lapangan Hoki dan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Langsung Istora Senayan Sore Ini

Adapun venue lapangan hoki di Gelora Bung Karno diresmikan pada tanggal 2 Desember 2017 lalu. Lapangan ini telah memenuhi persyaratan penyelenggaraan olahraga internasional yang disyaratkan oleh Organisasi cabang olahraga pasca dikeluarkannya sertifikat oleh International Hockey Federation (FISH) yang belaku selama 3 tahun hingga 2020 mendatang.

Sementara lapangan sepak bola ABC terdiri dari 3 unit lapangan yakni 2 buah lapangan dengan menggunakan rumput natural jenis Zoysia Japonica (Lapangan A). Lalu ada juga yang menggunakan rumput Zoysia Matrella (Lapangan B) yang merupakan jenis rumput khas Indonesia yang dikembangkan di Solo oleh ahli bidang perumputan.

Sedangkan lapangan C berbeda dari kedua lapangan lainya karena menggunakan rumput sintesis. Spesifikasi lapangan ini telah mengacu pada standar kualitas dari Federation International Football Associate (FIFA).

Selanjutnya ada Stadion renang yang memiliki luas area 21.200 meter persegi dengan kapasitas 7.150 kursi. Renovasinya dilakukan oleh PT Waskita Karya (Persero)

Lalu yang terakhir adalah Lapangan Panahan yang memiliki luas area 12.42 meter persegi. Dimana dengan renovasi yang dilakukan lapangan ini memiliki kapasitas sebanyak 112 kursi.

Lalu menyusul kemudian Presiden Jokowi juga melakukan peresmian Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk pertama kalinya pasca direnovasi. Bahkan pasca peresmian, stadion ini langsung dipakai untuk laga internasional yang mempertemukan Tim Nasional Indonesia dengan Islandia.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini