nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Fasilitas Ini Akan Lengkapi Pembangunan TOD Dukuh Atas

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 29 Januari 2018 19:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 29 470 1851853 3-fasilitas-ini-akan-lengkapi-pembangunan-tod-dukuh-atas-WCCQMIkVzX.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pembangunan Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas akan dimulai dengan pembangunan taman di sekitar wilayah TOD. Taman ini disediakan untuk menunjang fasilitas publik sesuai dengan konsep TOD yaitu memastikan terjadinya koneksi transit dengan aman dan nyaman.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar mengungkapkan, dalam waktu singkat pihaknya akan fokus kepada pembangunan tiga fasilitas utama. Pembangunan taman Dukuh Atas sendiri akan menggunakan dana proyek TOD Dukuh Atas.

 Baca juga: Atasi Macet, TOD Dekatkan Hunian Masyarakat dengan Transportasi Massal

"Kita siapkan dalam singkat ada pembangunan tiga fasilitas, pertama taman Dukuh Atas, untuk menunjang interaksi publik. Targetnya dimulai Mei tahun ini," ujarnya dalam acara Forum Jurnalis dan Blogger MRT Jakarta, Senin (29/1/2018).

Selain taman, pada tahun ini juga akan dibangun jalur pedestarian di kawasan TOD Dukuh Atas, sepanjang bekas Pasar Blora, Jalan Kendal, hingga Jalan Tanjung Karang. Soal anggaran, William mengatakan tinggal menunggu persetujuan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

 Baca juga: 8 Keluhan Masyarakat yang Tinggal di Rusun, Sertifikat hingga Kualitas Unit

Selain itu, kawasan TOD Dukuh Atas ini akan didukung dengan Transit Plaza yang akan dibangun di kawasan eks Pasar Blora. Dalam pembangunan ini, PT MRT Jakarta akan menggandeng PD Pembangunan Sarana Jaya.

"Transit Plaza direncanakan dalam bentuk bangunan setinggi 20 lantai, ada kantor MRT Jakarta juga nantinya. Untuk pembangunan butuh waktu dua sampai tiga tahun ke depan. Perencanaan tahun ini ditargetkan selesai dan berharap tahun ini juga akan dilaksanakan pembangunan," kata dia.

 Baca juga: Hak Penghuni Rumah Susun Tak Terpenuhi, Perlu Aturan yang Tegas!

Untuk diketahui, TOD Dukuh Atas merupakan Interchange Station Terintegrasi dengan lima mode transportasi seperti MRT, LRT, Commuterline Jabodetabek, Transjakarta, dan Kereta Bandara Soekarno – Hatta.

Selain itu, kawasan ini merupakan interkoneksi antara kawasan, perkantoran dan pusat bisnis, seperti PT Taspen, UOB, BNI, dan stakeholder lainnya. Untuk master plannya ditargetkan selesai pada semester I tahun ini.

"Anggaran total belum bisa disebutkan karena masih dihitung hari ini. Akan keluar setelah master plan selesai, karena ada development konsep yang akan dibahas dengan stakeholder," jelasnya.

Dalam pembangunan TOD Dukuh atas ini akan menganut empat strategi, antara lain, koneksi transit yang aman dan nyaman, pemanfaatan aset pemerintah, penyediaan ruang terbuka publik, dan peningkatan kualitas hidup melalui redevelopment.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini