nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Darmin Panggil Wamenkeu hingga Bankir Bahas KUR

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 13:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 08 320 1856525 menko-darmin-panggil-wamenkeu-hingga-bankir-bahas-kur-DoZK82gs44.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution kembali mengadakan rapat kordinasi (rakor) dengan perbankan dan pihak terkait mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR). Rakor ini dilakukan di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta.

Pantauan Okezone, Kamis (8/2/2018) yang sudah terlihat hadir yakni Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo dan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng serta Perwakilan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sementara itu, perwakilan bank lainnya masih belum terlihat hadir.

Baca juga: Target Penyaluran KUR Rp120 Triliun dengan Bunga 7% di 2018

Seperti diketahui, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang berlaku efektif mulai 1 Januari 2018.

Adapun 12 ketentuan baru untuk KUR yang diatur dalam peraturan tersebut di antaranya, penurunan tingkat suku bunga KUR dari 9% menjadi sebesar 7% efektif per tahun, kelompok usaha sebagai calon penerima KUR, skema KUR Khusus, skema KUR multisektor, pengaturan minimum porsi penyaluran KUR ke sektor produksi, serta mekanisme yarnen (pembayaran kredit setelah panen) dan grace period.

 Baca juga: Pemerintah Keluarkan 12 Ketentuan Baru tentang KUR

Selanjutnya perubahan istilah KUR Ritel menjadi KUR Kecil, plafon KUR Mikro sektor produksi dan di luar sektor produksi, penyaluran KUR bersamaan dengan kredit lain yang diperbolehkan, struktur biaya KUR penempatan TKI, KUR untuk masyarakat daerah perbatasan, dan KUR untuk optimalisasi kelompok usaha bersama (KUBE).

Selain itu, tahun 2018, target penyaluran untuk sektor produksi menjadi minimum sebesar 50% dari target total penyaluran sebesar Rp120 triliun.

 Baca juga: OJK Optimalkan Industri Keuangan Non-Bank hingga KUR Klaster

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir menjelaskan, Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM yang diketuai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sangat optimistis bisa mencapai target KUR tersebut.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini