Image

7 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Belanja Bulanan

Agregasi Minggu 11 Februari 2018 05:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 10 320 1857581 7-kesalahan-ini-sering-dilakukan-saat-belanja-bulanan-FggY47GlGi.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Salah satu rutinitas yang sering dilakukan setiap orang dan tak terlupakan adalah belanja bulanan. Belanja bulanan dilakukan untuk memenuhi segala kebutuhan dalam satu bulan. Jika tidak melakukannya dengan benar, Anda akan rentan mengalami pemborosan.

Sering kali orang-orang tanpa sadar melakukan kesalahan dalam belanja bulanan yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada budget bulanan. Kesalahan-kesalahan apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya.

1. Belanja Tanpa Rencana

Salah satu kesalahan yang mungkin sering dilakukan kebanyakan orang adalah tidak membuat rencana ketika akan belanja bulanan. Meskipun terdengar klasik, ini merupakan kesalahan awal mengapa keuangan sering kali mengalami kebocoran.

Dapat dikatakan jika rencana belanja merupakan pedoman yang cukup penting saat sedang belanja bulanan. Tanpa adanya rencana belanja, Anda bisa saja belanja untuk hal-hal yang tidak penting. Karena itu, jangan heran jika total belanja bulanan Anda dapat melebihi dari budget yang ada.

2. Membeli Tidak Berdasarkan Kebutuhan

Belanja dengan jumlah yang terlalu banyak ataupun terlalu sedikit juga dapat menjadi masalah. Jika Anda membeli barang terlalu banyak, akan menyebabkan pemborosan. Namun, jika membeli dengan jumlah yang terlalu sedikit, juga akan menyebabkan Anda akan terlalu sering membeli barang-barang yang sama.

Hal ini membuat Anda terus-menerus mengeluarkan uang tambahan yang sebenarnya tidak perlu. Belanjalah barang dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan dalam kurun waktu tertentu. Jangan lupa perhatikan tanggal kedaluwarsa setiap barang agar tidak merugikan Anda nantinya.

3. Malas Cek Promo

Cerdaslah dalam berbelanja bulanan. Saat ini sudah banyak sekali akses informasi yang bisa didapatkan dengan mudah, termasuk informasi mengenai promo atau diskon yang saat ini sedang berlangsung. Kebanyakan orang langsung pergi ke tempat perbelanjaan tanpa mau mengecek promo-promo yang ada.

Padahal, Anda bisa memanfaatkan promo-promo tersebut untuk menekan pengeluaran belanja bulanan. Selain itu, jangan melupakan promo-promo yang diberikan kartu kredit. Ini bisa menjadi tambahan yang sangat menguntungkan. Untuk itulah, rajin-rajin mencari info-info terbaru tentang promo-promo yang ada.

4. Tidak Melakukan Perbandingan

Terkadang barang dengan merek yang sama memiliki harga yang berbeda di toko-toko yang berbeda pula. Karena itu, penting untuk melakukan perbandingan untuk mendapatkan harga yang terbaik. Banyak orang yang malas melakukan perbandingan dan berakhir membeli di satu tempat yang sama.

5. Setia Hanya dengan Satu Merek yang Sama

Banyak orang yang tidak sadar jika di pasaran banyak sekali merek yang berbeda. Jika hanya bertahan dengan satu merk yang sama, justru tanpa disadari membuat Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih mahal hingga 25%.

Karena itu, tidak ada salahnya untuk mengecek merek lainnya. Produk-produk milik supermarket sendiri biasanya memiliki harga yang jauh lebih murah dan kualitasnya pun juga sama.

6. Selalu Belanja di Tempat yang Sama

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penting untuk melakukan perbandingan untuk bisa mendapatkan harga terbaik. Jangan hanya berbelanja di satu tempat. Anda harus mencari informasi sebanyak mungkin mengenai tempat perbelanjaan mana yang bisa memberikan harga yang lebih murah.

Carilah informasi detail, baik itu pasar modern maupun supermarket. Tentunya ini akan lebih menghemat pengeluaran bulanan Anda.

7. Berbelanja karena Keinginan

Kesalahan lainnya yang mungkin tidak disadari kebanyakan orang adalah berbalanja karena keinginan. Hal ini merupakan kesalahan yang besar. Saat sedang lapar, semua makanan yang Anda lihat akan terasa menggiurkan. Hal ini akan membuat Anda membeli semua makanan yang Anda lihat. Tak heran jika pengeluaran belanja Anda bisa membengkak tanpa disadari.

Hindari Kebiasaan-Kebiasaan yang Bikin Pengeluaran Membengkak

Tanpa disadari kebanyakan orang memiliki kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat pengeluaran semakin membengkak. Dan hal ini jelas akan merugikan Anda karena pengeluaran menjadi boros. Untuk itu, pahami setiap kesalahan dalam pengeluaran yang sering Anda perbuat dan sebisa mungkin ke depannya untuk menghindarinya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini