nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dengan Tips Ini, Gaji Rp5 Juta Sudah Lebih dari Cukup

Agregasi Senin 12 Februari 2018 23:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 10 320 1857593 dengan-tips-ini-gaji-rp5-juta-sudah-lebih-dari-cukup-jIG8g9gRUw.jpg Ilustrasi (shutterstock)

JAKARTA - Setiap orang tentunya menginginkan memiliki gaji yang tinggi sehingga tidak perlu pusing lagi memikirkan cara untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan gaji yang tinggi. Beberapa di antaranya memiliki gaji yang pas-pasan, bahkan kurang.

Lalu, apakah dengan gaji yang minim tidak menjamin kebutuhan dan keinginan Anda dapat terpenuhi? Tentu saja tidak. Dengan gaji yang minim, Anda tetap bisa membeli yang dibutuhkan meski terbatas. Jika Anda memiliki gaji Rp5 juta, tips di bawah ini bisa membuat Anda merasakan gaji tersebut sudah lebih dari cukup.

1. Utamakan Pengeluaran untuk Ditabung

Setelah menerima gaji, jangan sampai Anda langsung kalap untuk menghabiskannya. Akan lebih baik jika langsung dialokasikan untuk ditabungkan. Selama ini banyak orang yang salah berpendapat jika tabungan merupakan sisa gaji yang ditabungkan. Padahal, akan lebih baik jika menyisihkan terlebih dahulu ketika awal bulan.

Setelah itu, barulah Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya. Setidaknya, alokasikan sekitar 20% dari pemasukan untuk ditabungkan. Bahkan, jika Anda belum memiliki banyak tanggungan, Anda bisa meningkatkan persentase tersebut lebih tinggi lagi.

2. Rencanakan Apa yang Ingin Dibelanjakan

Setiap akan menerima, pastikan Anda sudah membuat daftar belanja bulanan. Langkah ini cukup penting sehingga nantinya tidak berakhir dengan membeli barang-barang yang sebenarnya kurang penting. Alokasikan sekitar 50% untuk memenuhi kebutuhan setelah ditabungkan terlebih dahulu. Namun, persentase tersebut bisa berubah sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Raih Untung dengan Manfaatkan Promo yang Tersedia

Tips cerdas lainnya untuk menekan pengeluaran dapat dilakukan dengan cara hidup sehemat mungkin. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mencari promo diskon saat berbelanja. Cermatlah dalam belanja sehingga Anda bisa membeli barang yang sama, tapi dengan harga yang lebih murah.

Jika memang ada promosi kartu kredit, tidak ada salahnya untuk menggunakannya. Namun, pastikan untuk menggunakannya dengan bijak. Jangan sampai malah membuat rugi ke depannya.

4. Gunakan Simpanan untuk Membeli Aset dengan Nilai Jual Kembali yang Tinggi

Jangan hanya menyimpannya saja, tabungan Anda bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih menguntungkan. Tidak ada salahnya untuk mulai mempertimbangkan cara lainnya untuk menyimpang uang. Misalnya, membeli aset yang memiliki harga jual kembali yang cukup tinggi.

Saat ini tanah dan properti dapat menjadi pilihan yang menjanjikan karena nilainya yang selalu tinggi, bahkan terus meningkat setiap tahunnya. Hanya memang membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk memilikinya.

5. Lebih Cepat Berinvestasi, Lebih Baik

Tidak ada salahnya untuk mulai berinvestasi sedini mungkin. Tidak hanya menjadi sumber pemasukan lain, tapi juga dapat digunakan sebagai tabungan di masa depan. Semakin dini menabung maka akan semakin banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Lamanya waktu berinvestasi akan sangat menentukan besarnya keuntungan yang bisa didapatkan. Meskipun Anda memulainya dengan nominal yang kecil, konsistensi dan lamanya waktu berinvestasi akan memberikan pengaruh yang signifikan.

6. Sisihkan Dana untuk Proteksi Diri

Meskipun gaji pas-pasan, jangan sampai lupa untuk melindungi diri Anda. Jangan hanya terlalu fokus pada tabungan dan investasi. Penting untuk melakukan proteksi diri sebagai langkah antisipasi.

Asuransi kesehatan ataupun asuransi jiwa dapat menjadi pilihan yang tepat. Apalagi dengan biaya kesehatan yang terus meningkat setiap waktunya, pastikan Anda memiliki perlindungan terhadap diri sendiri.

7. Mencari Pekerjaan Sampingan

Tidak ada salahnya untuk memiliki pekerjaan sampingan, asalkan tidak akan menganggu pekerjaan utama. Anda bisa memanfaatkan waktu luang yang dimiliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang dapat bermanfaat untuk kehidupan.

Gaji Bukan Standar Kebahagian

Banyak orang yang menyalahartikan dengan memiliki gaji besar tentunya hidup akan semakin bahagia. Padahal, pendapat seperti ini kurang tepat. Meskipun Anda memiliki gaji yang besar, kalau tidak didukung dengan pengelolaan yang tepat, hasilnya akan sama saja. Gaji yang kecil sekalipun dapat membuat hidup menjadi bahagia dan nyaman asalkan dikelola dengan baik.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini