nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ekspor Batu Bara Wajib Gunakan Kapal Nasional, Mendag: Tarifnya Dijamin Murah

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 20:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 13 320 1859153 ekspor-batu-bara-wajib-gunakan-kapal-nasional-mendag-tarifnya-dijamin-murah-zAfUjELzU7.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 82 Tahun 2017 tentang Ketentuan Penggunaan Angkutan Laut Dan Asuransi Nasional Untuk Ekspor Dan Impor Barang Tertentu.

Dalam aturan yang akan diberlakukan mulai 1 Mei 2018 ini mengharuskan ekspor batu bara dan CPO yang dilakukan Indonesia wajib menggunakan kapal nasional.

 Baca juga: Ekspor Wajib Gunakan Kapal Lokal, Menhub: Kalau Tak Sepakat Kita Bicara

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, tujuan penerapan aturan ini untuk memajukan industri pelayaran nasional. Karena selama ini para pengusaha hanya tergantung kapal asing.

"Ya kalau enggak nilai tambah kita apa dong? kita punya kok kapal-kapal nya," ungkap Enggar di Kementerian Luar Negeri, Selasa (13/2/2018).

 Baca juga: Mendag Minta Bantuan Dubes Tingkatkan Ekspor RI

Mantan Ketua REI ini juga memastikan menggunakan kapal dalam negeri akan akan tetap murah. Karena dia berencana akan menyamakan tarif logistik dengan menggunakan kapal asing sebelumnya.

"Enggak (lebih mahal) dong. Harus kasih itu yang sama (harganya). Saya akan segera mengundang, mempertemukan mereka. Jadi para pemilik kapal kemudian ini akan kita ketemukan," jelasnya.

 Baca juga: Jokowi: Jangan Pandang Negara Potensial Ekspor Sebelah Mata

Mendag mengakui saat ini ekspor Indonesia masih tergantung dengan kapal asing padahal kapal dalam negeri masih mampu. Oleh karenanya dengan aturan ini dia berharap industri pelayaran Indonesia bisa semakin maju.

"Itu dia, jadi sekarang pakailah pelayaran Indonesia," tutup Enggar.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini