Image

Kemenhub Targetkan PNBP 2018 Capai Rp9 Triliun

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 11:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 14 20 1859363 kemenhub-targetkan-pnbp-2018-capai-rp9-triliun-Sr1fceKngy.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan menargetkan pendapatan negara bukan pajak atau PNBP tahun ini bisa mencapai Rp9,001 triliun. Angka tersebut meningkat dibandingkan realisasi tahun 2017 sebesar Rp7,23 triliun.

”Target PNBP kita semakin meningkat sekitar Rp9 triliun atau meningkat dibandingkan realisasi 2017 sebesar Rp7,23 triliun, karena saya tidak bosan untuk mengingatkan juga, jangan tergoda dengan kenikmatan sesaat,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika memberikan pembekalan Kuasa Pengguna Anggaran di Jakarta.

Baca Juga: Target Serapan Anggaran 2018 di Atas 90%, Menhub: Bukan Pekerjaan yang Sulit

Menhub Budi Karya juga menargetkan pada akhir Maret 2018 seluruh kegiatan strategis sudah dilelangkan. Target lelang pada akhir Maret diharapkan bisa menunjang penyerapan di lingkup Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Menhub: Hindari Pungli dan Korupsi

”Ya, kalau itu dilelang bulan Maret, paling lambat itu satu setengah bulan atau dua bulan berikutnya sudah terjadi. Jadi, kalau nanti ternyata gagal lelang, masih bisa dimungkinkan diulangi lagi pada Mei dan Juli, berarti penyerapannya lebih baik, ada investasi, berarti menunjang proses investasi yang ada di Indonesia,” kata Budi.

Baca Juga: Kemenhub Alokasikan Rp1,3 Triliun untuk Perawatan Pengoperasian Perkeretaapian Milik Negara di 2018

Menurut Budi, Kementerian Perhubungan akan melakukan upaya meningkatkan kapasitas dan volume pelayanan transportasi serta meningkatkan monitoring dan evaluasi terhadap pemungutan PNBP melalui sistem pembayaran secara elektronik. Upaya tersebut diharapkan bisa memenuhi target PNBP 2018.

”Selain itu, kita juga akan meningkatkan pengawasan dan pengendalian internal, baik aspek administratif maupun teknis, serta menggali potensi yang bisa menghasilkan PNBP melalui konsesi dan optimalisasi pemanfaatan,” katanya.

(Ichsan Amin)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini