nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertamina EP Layak Kelola Lapangan Sukowati

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 12:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 14 320 1859406 pertamina-ep-layak-kelola-lapangan-sukowati-VfIkVUydYX.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi (PHE), anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor hulu minyak dan gas bumi, menyatakan dukungannya kepada PT Pertamina EP, anak usaha Pertamina di sektor hulu lainnya, untuk mengelola dan menjadi operator Lapangan Sukowati di Blok Tuban, Jawa Timur.

PHE telah menyiapkan strategi khusus agar bisa mengelola Blok Tuban yang sudah diserahkan Pertamina kepada PHE tanpa Lapangan Sukowati. ”Tidak apa-apa (tanpa Sukowati). Kan ada Mudi, Sumber, lalu Lengowangi. Kami akan kembangkan struktur lain yang masih nonaktif,” kata Presiden Direktur PT Pertamina Hulu Energi R Gunung Sardjono Hadi dalam keterangannya di Jakarta.

Baca Juga: 3 Lapangan ini Jadi Andalan Pertamina EP

PHE sudah memberikan surat resmi kepada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK M i gas) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait pengembalian dan pemindahan operator Lapangan Sukowati yang berada di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, itu kepada Pertamina EP.

Direktur Pengembangan PHE Afif Saifudin menambahkan, Pertamina EP memang lebih pas menjadi pengelola sekaligus operator Lapangan Sukowati. Pasalnya, di lapangan unitisasi tersebut porsi Pertamina EP mencapai 80%, sedangkan Joint Operating Body (JOB) Pertamina Petro China East Java (PPEJ) yang menjadi operator Blok Tuban sebelum terminasi pada 28 Februari 2018 memiliki porsi 20% di Sukowati. ”Dari 20% itu, porsi kami 75% dan PetroChina 25%. Setelah terminasi, kami punya 100% pada 20% porsi kami tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: Produksi Pertamina EP Asset 4 120% di Atas Target

Afif mengatakan, Pertamina EP sebagai pemilik porsi terbesar di Lapangan Sukowati pan tas menjadi operator di lapangan itu. Apalagi lokasi lapangan tersebut dekat dengan ladang minyak Pertamina EP yang berada di Cepu, Ka bu paten Blora. Ketua Komite Tetap Regulasi dan Hubungan Kelembagaan di Industri Migas Kamar Da gang dan Industri (Kadin) Indonesia Firlie Ganinduto mengatakan, pemerintah seharusnya segera menunjuk Pertamina EP sebagai operator La pangan Sukowati.

Tidak ada alasan bagi pemerintah menolak Pertamina EP menjadi pengelola lapangan itu, apalagi PHE sudah mengonfirmasikan kepastian pengalihan lapangan tersebut untuk dikelola Pertamina EP. ”Onshore ini sebenarnya tidak butuh teknologi advance. Untuk mengedepankan keberpihakan kepada perusahaan domestik, pemerintah harus segera tunjuk Pertamina EP sebagai pengelola Lapangan Sukowati,” ujarnya.

(Yanto Kusdiantono)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini