nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Darmin Minta Masyarakat Terlibat Dorong Inklusi Keuangan

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 13:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 14 320 1859413 menko-darmin-minta-masyarakat-terlibat-dorong-inklusi-keuangan-hHm7ZNxqBl.jpg Foto: Yohana/Okezone

JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terus mendorong pertumbuhan ekonomi melalui inklusi keuangan yang berbasiskan teknologi. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, masyarakat saat ini kurang terlibat dalam pengembangan inklusi keuangan. Padahal, Indonesia saat ini  tengah berjuang dalam mewujudkan industri 4.0 yang berbasis digital.

Baca Juga: Inklusi Keuangan Indonesia Terus Dipacu hingga 75%

"Jangan lupa bahwa masyarakat kita kalau bicara keuangan inklusi, meminjam (dana ke jasa keuangan) pun dia masih ragu-ragu," ujar Darmin dalam sambutannya di seminar bertemakan inklusi keuangan di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (14/2/2018). 

Baca Juga: Jokowi Ingin Semua Masyarakat Bisa Akses Perbankan

Darmin menilai untuk mendorong inklusi keuangan di dalam negeri perlu hadirnya   pengumpul atau agregator. Pengumpul ini, kata dia, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam memanfaatkan layanan jasa keuangan. Sehingga masyarakat pun semakin banyak yang terlibat dalam perkembangan inklusi keuangan.  

"Kalau enggak (ada pengumpul) jangan kaget kalau kemudian kita enggak cepat masuk ke area (revolusi industri 4.0) itu," ujarnya. 

Baca Juga: Menko Darmin hingga Agus Marto Susun Strategi Tingkatkan Inklusi Keuangan di Indonesia

Selain itu, kata dia, mendukung inklusi keuangan berbasiskan digital juga dinilai perlu hadirnya platform sederhana untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan jasa keuangan. 

"Platform ini untuk bisa diakses oleh masyarakat pakai handphone sederhana yang memuat informasi, yang sangat berguna buat dia kalau panen, seperti panen cabai atau beras dan data lainnya," ucapnya

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini