nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Plus Minus Dirombaknya Direksi Pertamina

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 15:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 14 320 1859522 plus-minus-dirombaknya-direksi-pertamina-eMXdD0nUTa.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menghapus posisi Direktorat Gas Pertamina dan menambah direksi baru yakni Direktorat Pemasaran Korporat, Direktorat Pemasaran Retail dan Direktorat Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur. Restrukturisasi perseroan ini dinilai memiliki plus minus.

Pengamat Energi Mamit Setiawan mengatakan, ada dua sisi yang mesti dilihat dari perombakan direksi tersebut. Pertama, perombakan ini jelas tujuannya supaya kinerja Pertamina bisa lebih baik lagi ke depannya.

 Baca juga: Plus Minus Dirombaknya Direksi Pertamina

"Tapi jangan sampai ini hanya menjadi kepentingan sesaat untuk memasuki tahun politik dan Pertamina harus menanggung lagi beban kerugian yang semakin besar," tuturnya kepada Okezone.

Kedua, lanjutnya, perombakan direksi dinilai membuat struktur Pertamina semakin gemuk, di mana antara jajaran direksi saling berkaitan. Menurutnya, hal ini tidak ideal bagi Pertamina.

 Baca juga: Restrukturisasi Pertamina Awal Pembentukan Holding BUMN Migas

"Direksi kan jadi gemuk, bisa menyebabkan jalur birokrasi yang semakin panjang," ujarnya.

Meski demikian, kata Mamit, langkah menghilangkan Direktorat Gas, dari sisi merealisasikan Holding BUMN Migas sangat baik. Pasalnya, penghapusan tersebut ke depan akan diisi oleh PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk.

 Baca juga: Direksi Pertamina Dirombak, Elia Massa Khawatirkan Investasi Luar Negeri

"Ini akan memperpendek jalur birokrasi dan sudah menempatkan sesuatu pada fungsinya," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini