nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Maja, Kementerian PUPR Bidik Padang Jadi Kota Mandiri Baru

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 16:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 14 320 1859538 usai-maja-kementerian-pupr-bidik-padang-jadi-kota-mandiri-baru-AyaeWz9voB.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Setelah pembangunan kota baru mandiri di Kota Baru Maja, Lebak Banten terealisasi pada tahun 2017, kini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah bersiap membangun di daerah lainnya. Salah satu daerah yang menjadi target pembangunan kita baru mandiri selanjutnya yakni Padang, Sumatera Barat.

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dadang Rukmana mengatakan, semula ada dua daerah di Sumatera yang akan dijadikan kota baru mandiri yakni Padang dan Palembang. Namun, dipilihnya Padang dibandingkan Palembang dikarenakan kondisi di Padang lebih mendesak dibandingkan kota empek-empek tersebut.

Dadang menyebut kondisi di daerah Padang sangat rawan akan bencana. Selain itu, pertumbuhan ekonomi dan penduduk pada daerah tersebut juga dinilai sudah terlalu padat.

"Mungkin kita di Padang dulu. Karena di Padang itu kan daerahnya rawan bencana ya daerahnya. Jadi kita perlu menyiapkan areal baru di sana untuk mengurangi pertumbuhan perkotaan di Ladangnya sendiri," ujarnya saat ditemui di Hotel Rafless, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Sementara itu lanjut Dadang, pihaknya enggan menyebutkan secara pasti spesifik daerah di Padang yang akan dijadikan sebagai kota baru mandiri. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah adanya spekulan-spekulan tanah pada daerah tersebut.

" Nanti pengembang bisa ditanyakan kepada Badan Pembangunan Infrastruktur Wilayah," ucapannya.

Sebelumnya lanjut Dadang, pihaknya juga telah lebih dahulu membangun kota mandiri di Maja, Lebak, Tangerang. Dalam pengembangnya, pemerintah dibantu dengan lima pengembang besar swasta seperti Ciputra Group, Agung Podomoro Land (APL) hingga Sinarmas Land.

"Maja sudah bergerak, di situ Kementerian PU sudah membangum dan untuk mendukung kebutuhan air baku di maja, juga sekarang sedang merencanakan jalan akses jakarta-maja sejauh 51 km, dan juga water treatment di rangkas bitung, dan juga waste water treatment sedang dikerjakan cipta karya. Sedangkan dirjen penyedian perumahan kita mendukung pembangunan rusunawa yg diusulkan oleh Kabupaten Lebak masih dalam wilayah itu saya kira itu di sekitar stasiun maja," jelasnya.

Sebagai informasi, pemerintah melalui Kementerian PUPR menargetkan bisa membangun tiga kota baru mandiri pada tahun 2018. Dalam pengembangan kota baru tersebut nantinya pemerintah akan menyediakan infrastruktur sedangkan swasta akan membangun apartemen yang atau huniannya.

Berdasarkan data Kementerian PUPR terdapat 10 kota mandiri baru yang akan dibangun selama periode 2015-2019. Kesembilan kota baru tersebut yakni Maja, Banten, Padang, Palembang, Pontianak, Banjar Baru, Tanjung Selor, Makasar, Manado, Sorong dan Jayapura.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini