nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Riset Saham Panin Sekuritas: IHSG Berpeluang Naik Besar

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 08:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 15 278 1859869 riset-saham-panin-sekuritas-ihsg-berpeluang-naik-besar-gW3PerUrlT.jpg Ilustrasi IHSG. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Penguatan pasar saham Amerika Serikat (AS) dan bursa Asia diperkirkan akan memberikan tenaga tambahan pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Namun, diperkirakan hari ini tidak terjadi banyak transaksi, menjelang libur panjang imlek.

Panin Sekuritas dalam risetnya menyebutkan, pagi ini bursa tetangga seperti Singapura dan Kuala Lumpur dibuka naik. Kemarin, pasar cukup ramai dengan nilai transaksi Rp5,77 triliun dan Asing Jual Bersih 10,40%.

Panin menyebut, kemarin IHSG berhasil naik di atas kenaikan Dow Jones sehari sebelumnya. Prestasi ini berkat Yield SUN yang justru menguat, meski Yield US Treasury naik.

"Dengan hasil Yield dan kenaikan IHSG kemarin, maka hari ini IHSG pun berpeluang naik besar. Sisi negatifnya, hari ini banyak pelaku pasar yang sudah memulai libur panjang jelang Imlek," tulis Panin dalam risetnya, Kamis (15/2/2018).

Sekadar informasi, Dow Jones naik 1,03% menjadi 24.893,49. Indeks S&P 500 meningkat 1,34% menjadi 2.698,63. Wall Street naik terdorong oleh kenaikan saham-saham seperti Alibaba, Baidu, dan lainnya. Para pelaku pasar pun tidak terfokus pada data Inflasi.

Awalnya, terjadi pelemahan karena laporan inflasi yang lebih kuat dari perkiraan. Indeks Harga Konsumen (IHK) naik 0,5% pada Januari dalam basis disesuaikan secara musiman. Selama 12 bulan terakhir, indeks seluruh item (barang) naik 2,1%.

Para analis mengatakan serangkaian data mengalahkan ekspektasi pasar dan dengan demikian menghidupkan kembali kekhawatiran inflasi melonjak.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini