10 Alasan Kenapa Orang yang Cerdas secara Emosional Bisa Lebih Sukses

Agregasi Minggu 18 Februari 2018 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 17 320 1860927 10-alasan-kenapa-orang-yang-cerdas-secara-emosional-bisa-lebih-sukses-54GSB8kiMQ.jpg

JAKARTA - Tingkat kecerdasan seseorang sering kali dibuktikan dengan hasil tes IQ. Hasil ini nantinya digunakan untuk membedakan antara orang yang biasa saja dan orang yang cerdas. Kecerdasan juga dapat memengaruhi hasil kerja seseorang. Orang yang memiliki IQ tinggi dapat memecahkan masalah yang sulit disertai dengan tingkat pengontrolan emosi yang baik.

Emosional merupakan gabungan antara dua jenis keahlian, yaitu sosial dan personal. Dua komponen inilah yang mampu membawa individu meraih sukses dalam hidupnya. Mengapa demikian? Cek alasan-alasannya di bawah ini.

1. Bersikap Positif

Orang cerdas secara emosional mampu bersikap positif atas situasi yang dihadapinya saat ini. Apabila terjadi perselisihan antara dirinya dan orang lain, ia cenderung memahami situasi tersebut dan mencari jalan keluar untuk menyelesaikan perselisihan tersebut. Dengan begitu, ia lebih mampu membangun hubungan baik dengan orang lain karena sikap positif yang dimilikinya.

2. Penasaran

Rasa penasaran membuat orang cerdas secara emosional penasaran dengan tingkat emosional orang lain. Inilah yang membuat mereka suka melakukan pendekatan dengan orang yang ada di sekelilingnya. Setelah itu, ia akan memahami karakter dari orang tersebut dengan cara membangun kelompok diskusi.

3. Pengertian terhadap Orang Lain

Orang cerdas secara emosional termasuk orang yang sangat pengertian. Mereka lebih suka mendengarkan dan mengamati dibandingkan berbicara. Walaupun demikian, mereka bukanlah orang yang pasif dalam komunikasi. Ini dilakukan hanya untuk mengamati jalan pikiran dan karakteristik orang lain.

4. Pengembangan Diri

Meskipun cerdas, bukan berarti sempurna. Kemampuan emosional yang baik membuat mereka tidak cepat berpuas diri. Mereka juga akan terus melakukan pengembangan diri untuk menjadi lebih baik. Entah itu dari segi sikap, perbuatan, emosional, karir, ataupun relasi dengan orang lain. Selain itu, mereka juga tahu kapan harus memulai dan kapan harus berhenti untuk hasil yang terbaik.

5. Sadar Diri

Orang cerdas tahu apa kekuatan dan kelemahan yang ada dalam dirinya. Ia juga tahu bagaimana cara menggabungkan dua komponen ini agar berjalan bersinergi dan beriringan. Hal-hal kecil yang terjadi dalam hidupnya senantiasa dijadikan sebagai pelajaran.

Hal ini dianggap mampu untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Sadar diri juga membuat mereka tahu mana yang mampu dikerjakan dan mana yang tidak. Dengan begitu, mereka lebih fokus pada kekuatan yang ada dalam dirinya untuk membuat perubahan.

6. Selalu Tenang

Kecerdasan emosional membuat seseorang lebih mampu mengontrol tingkat emosi dalam dirinya. Ketika semua orang panik, ia malah berusaha untuk tenang. Ketenangannya bukanlah semata-mata sebagai wujud ketidakpedulian.

Ketenangannya tersebut merupakan aksi untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi. Mereka tidak merasa takut untuk mengambil keputusan dan selalu mengikuti kata hatinya atas situasi yang dihadapi.

7. Berorientasi Masa Depan

Orang cerdas secara emosional mengambil pelajaran dari peristiwa yang sudah terjadi. Artinya, mereka tidak selalu mengingat-ingat kejadian tersebut, tapi mencoba untuk move on dan fokus menatap masa depan. Dengan demikian, ia lebih siap untuk menghadapi apa pun yang terjadi di masa yang akan datang.

8. Tidak Mudah Terpengaruh

Orang cerdas sangat sulit untuk dipengaruhi lingkungan di sekitarnya, baik keluarga, teman, maupun rekan kerja. Mereka tahu apa yang mereka lakukan. Mereka juga mengetahui risiko yang akan terjadi dari keputusan yang diambil. Hal inilah yang menjadikan mereka lebih fokus pada tujuan dan solusi dibandingkan harus mendengarkan perkataan orang lain.

9. Dapat Mengontrol Emosi

Setiap permasalahan yang terjadi mempunyai sebab dan akibat. Hal ini dijadikan sebagai alasan untuk selalu mampu mengontrol emosi dalam segala jenis situasi. Entah itu situasi mudah ataupun sulit sekalipun.

10. Mampu Membaca Situasi

Kecerdasan emosional membuat seseorang mampu membaca situasi. Tidak hanya itu, ia mampu membaca situasi yang dialami orang lain. Selain itu, ia juga ikut merasakan apa yang dialami orang lain yang membuat mereka jadi problem solver yang baik atas segala jenis situasi.

Sukses Tidak Hanya Soal Akademik

Sukses dalam hidup tidak hanya ditentukan nilai akademik, tapi juga ditentukan kemampuan seseorang dalam mengontrol emosi dalam dirinya. Semoga bermanfat!

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini