nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Berlibur? Pastikan Keuangan Aman dengan Tips Ini

Agregasi Senin 19 Februari 2018 05:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 17 320 1860933 ingin-berlibur-pastikan-keuangan-aman-dengan-tips-ini-PPo4VDVkZj.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Bagi Anda yang memiliki kesibukan yang cukup padat, tentunya berlibur merupakan kegiatan yang paling dibutuhkan untuk melepaskan penat akan pekerjaan yang dilakukan setiap harinya. Namun, liburan atau travelling tentunya membutuhkan persiapan dana yang perlu Anda pikirkan. Apalagi jika pemasukan yang Anda miliki tidak terlalu besar.

Tentunya dibutuhkan persiapan keuangan yang matang sehingga nantinya kondisi finansial tidak terganggu dan Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman dan tenang. Nah, bagi Anda yang memiliki rencana berlibur, tips di bawah ini akan sangat membantu untuk bisa mempersiapkan keuangan untuk kebutuhan liburan Anda.

1. Rencanakan Liburan Jauh-Jauh Hari

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat rencana liburan jauh-jauh hari. Mulai dari destinasi wisata, penginapan, transportasi, hingga kegiatan wisata yang akan Anda lakukan.

Buatlah rencana yang detail terkait liburan tersebut. Dari rencana inilah, Anda nantinya bisa memutuskan mengenai anggaran liburan Anda. Sesuaikan pula jadwal liburan dengan kesibukan yang dimiliki.

2. Tetapkan Anggaran Liburan

Dari rencana liburan tersebut, mulai susunlah anggaran yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan liburan. Namun, yang paling penting adalah bijaklah saat menetapkan anggaran yang digunakan untuk liburan. Jika perlu, tetapkan batas maksimal dari budget yang akan Anda gunakan.

Mulai dari estimasi biaya untuk penginapan, transportasi, makanan, wisata, oleh-oleh, dan kebutuhan lainnya. Jangan lupa pula untuk menyiapkan dana darurat yang dapat digunakan jika ada kebutuhan mendesak saat liburan tiba.

3. Buatlah Tabungan Khusus

Untuk mempersiapkan keuangan untuk berlibur, akan lebih baik jika Anda membuka rekening baru yang khusus diperuntukkan untuk budget liburan. Jangan mencampur biaya liburan Anda dengan dana kebutuhan sehari-hari.

Dengan memisahkan dana tersebut, Anda bisa mudah mengecek dan mengontrol berapa jumlah dana yang sudah dikumpulkan. Tentu saja tabungan ini tidak akan tercampur dengan dana-dana lainnya.

4. Batasi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Untuk mempersiapkan dana yang digunakan berlibur, penting bagi Anda untuk membatasi pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu. Karena itu, mulailah untuk meninjau kembali rekening bank hingga tagihan kartu kredit yang Anda miliki. Cek kembali pengeluaran-pengeluaran yang Anda, apakah terdapat pengeluaran yang dapat ditekan atau tidak.

Kurangi perilaku-perilaku konsumtif semisal makan atau minum di kafe, pergi ke bioskop, dan hal-hal konsumtif lainnya. Akan lebih baik jika uang tersebut dialihkan ke dana yang dipersiapkan khusus untuk berlibur. Meskipun sedikit, uang yang Anda sisihkan tersebut akan sangat bermanfaat untuk anggaran liburan Anda.

5. Susun Apa Saja yang Menjadi Kebutuhan

Cobalah untuk menyusun apa saja yang menjadi kebutuhan dan kemudian urutkan berdasar pada tingkat kebutuhan menjelang waktu liburan tiba. Setelah itu, barulah mulai membuat prioritas dari kebutuhan-kebutuhan yang sudah disusun tersebut. Alokasikan dana Anda terlebih dahulu pada kebutuhan-kebutuhan tersebut.

6. Buat Daftar Pengeluaran Selama Liburan

Yang paling penting yang harus Anda lakukan adalah mencatat semua pengeluaran yang dilakukan selama liburan. Entah itu menggunakan aplikasi ataupun menggunakan cara manual. Yang penting adalah catat semua pengeluaran secara mendetail dan rinci. Jangan meremehkan pengeluaran sekecil apa pun karena nantinya akan memberikan pengaruh yang besar jika rutin dilakukan.

Catatan ini nantinya dapat dijadikan referensi untuk liburan-liburan yang akan datang. Bahkan, catatan pengeluaran ini bisa menjadi bahan rujukan untuk mengetahui berapa jumlah pengeluaran selama liburan dan sisa dari anggaran tersebut.

7. Siapkan Budget dengan Investasi

Anda dapat mencoba mempersiapkan budget dengan investasi. Mungkin sebagian orang mengatakan jika investasi adalah hal yang rumit dan mahal, padahal dengan adanya investasi akan sangat membantu Anda mewujudkan dana yang digunakan untuk berlibur.

Ada banyak jenis investasi yang bisa dilakukan, seperti reksa dana, deposito, dan lainnya. Dengan rutin berinvestasi, Anda bisa mempersiapkan keuangan yang dipergunakan untuk berlibur. Bahkan, investasi tersebut dapat Anda jadikan penghasilan tambahan sewaktu-waktu.

Rancang Liburan Jauh-Jauh Hari

Persiapkan liburan Anda jauh-jauh hari sehingga rencana liburan agar berjalan sesuai rencana. Mulai dari rencana berlibur hingga anggaran, rencanakan dengan detail.

(ris)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini