Banyak Calon Gubernur BI Daftar ke Komisi XI

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 22:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 19 320 1861806 banyak-calon-gubernur-bi-daftar-ke-komisi-xi-LqB6m0onzD.jpg Bank Indonesia (BI). (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) pertengahan tahun ini akan memiliki pimpinan baru. Pasalnya, jabatan Gubernur BI Agus Martowardojo akan habis pada semester I-2018 ini.

Anggota Komisi XI, Muhammad Romahurmuziy, mengatakan memang sudah banyak calon Gubernur BI yang mendaftar. Sayangnya, dia enggan menyebutkan namanya, hanya saja, saat ini Komisi XI sedang menelisik daftar riwayat hidup (track record).

"Track recordnya, karier profesionalnya sudah ada. Meski secara resmi tentu pada saatnya kita lakukan fit and proper pada masa sidang berikutnya," tuturnya usai Acara Kegiatan Menuju Seabad ITB, di Auditorium PUPR, Jakarta, Senin (19/1/2018).

Romahurmuziy yang juga Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP), menjelaskan Komisi XI pada dasarnya berharap keberadaan Gubernur BI baru yang akan dipilih dapat melengkapko prestasi BI, yang dalam setahun terakhir mampu mengendalikan stabilitas moneter, dan mampu menekan angka inflasi di Indonesia menjadi salah satu yang paling rendah dalam sejarah indonesia.

Dengan demikian, siapa pun Gubernur BI yang akan terpilih nantinya, diharapkan akan semakin sinergis dan semakin mengedepannya perlindungan konsumen dan pelayanan nasional.

"Saya kira ini adalah keberhasilan BI, yang juga harus menjadi kompetensi yang harus kita pertanyaan kepada yang bersangkutan. Kita menyampaikan visi misi, dan lebih dari itu, dalam konteks makro prudensial BI juga harus mampu melakukan tata kelola hubungan dengan lembaga-lembaha yang merupakan otoritas keuangan lain," tuturnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini