nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RI Persiapkan Energi Terbarukan, Menteri Jonan: Harga Harus Terjangkau

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 22 Februari 2018 12:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 22 320 1863090 ri-persiapkan-energi-terbarukan-menteri-jonan-harga-harus-terjangkau-HVHkRGaLct.jpg (Foto: Lidya/Okezone)

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, saat ini pemerintah terus berkomitmen untuk mendorong penggunaan energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia. Langkah ini dalam upaya untuk penggunaan EBT mencapai 23% di 2025.

Jonan mengatakan, tidak mudah mendorong penggunaan EBT tetapi pemerintah berkomitmen.

"Jika kalian menanyakan apakah mungkin. Mengapa tidak? Kami mempersiapkan semua, saya dapat mengatakan tidak mudah, saya tidak bisa mengatakan mungkin atau tidak. Tapi jika kita mencoba untuk memberikan 23% bauran energi di 2025, itu adalah pekerjaan. Pekerjaan saya untuk memastikan," ungkap Jonan dalam Renewable Energy Indonesia Forum di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Dalam forum ini para ahli di bidang energi akan membahas bagaimana penggunaan energi terbarukan di Indonesia. Serta bagaimana agar energi terbarukan ini harganya bisa terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat terutama di daerah terpencil.

"Tugas kita untuk menghasilkan terjangkau energi," jelasnya.

Jonan menyampaikan, EBT bisa dijual ke salah satu daerah pelosok di Indonesia yakni Kecamatan Pulau Tiga, Asmat yang belum terjangkau oleh listrik. Namun, dengan syarat harus memberikan harga yang terjangkau bagi masyarakat disana.

Pasalnya, saat ini pemerintah sedang dalam program menerangi seluruh Indonesia yang ditugaskan kepada Kementerian ESDM.

"Jika kita mencoba untuk menjual listrik kepada mereka (Pulau Tiga, Asmat), kita harus memastikan harga terjangkau. Ini salah satu tujuan kami memberikan listrik bagi seluruh rakyat di Indonesia. Jadi penting bagi kita memastikan agar energi terbarukan harus terjangkau bagi orang-orang," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini