nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Entrepreneur Bangun Bisnis Kecil-Kecilan Jadi Bisnis Luar Biasa

Agregasi Minggu 25 Februari 2018 05:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 24 320 1864091 cara-entrepreneur-bangun-bisnis-kecil-kecilan-jadi-bisnis-luar-biasa-0FNKUpmx6x.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Laju pertumbuhan bisnis mengalami peningkatan yang cukup tajam beberapa tahun belakangan ini. Baik bisnis online maupun bisnis offline, keduanya memiliki daya saing yang cukup ketat. Salah satu pemain bisnis bahkan sering saling menyalahkan jika bisnisnya mengalami kegagalan.

Padahal, tingginya persaingan dalam bisnislah yang membuat Anda terus berinovasi sehingga bisnis dapat berkembang dengan pesat. Maju tidaknya bisnis yang dijalankan juga tergantung pada kemauan untuk belajar dari para entrepreneur yang telah sukses.

Jumlah pengalaman para entrepreneur ini bisa dibilang sudah banyak. Jatuh bangun pun sudah sering dialami sebelum bisnisnya bisa sukses seperti sekarang. Inilah cara-cara yang dilakukan entrepreneur dalam menjalankan bisnis.

1. Tentukan Produk dan Harga

Proses menentukan poduk sangat sederhana, tapi Anda sering dipusingkan masalah kecil ini. Produk bisnis yang beranekaragam wajar membuat Anda pusing. Namun, jangan berlarut-larut dalam kepusingan ya.

Produk yang hendak dijual sebaiknya sesuai dengan tren yang hangat diperbincangkan konsumen. Misalnya, tren pakaian tahun 2018 mengambil tema “bunga”. Ini berarti produk yang Anda jual juga harus memiliki aksen bunga. Begitulah seterusnya.

2. Menentukan Target Pasar

Produk yang dijual harus punya target pasar yang jelas agar Anda bisa memusatkan perhatian untuk memenuhi kriteria dari produk yang dijual. Dengan begitu, siapa yang menjadi target penjualan merasa puas pada produk yang Anda jual.

Penetapan target pasar tidak dikategorikan pada umur dan jenis kelamin. Namun, juga pada keadaan ekonomi seseorang. Jika target pasar adalah kalangan menengah ke atas, produk yang Anda jual harus berkualitas. Masalah harga juga perlu dipertimbangkan. Jangan sampai harga mahal terlalu tinggi, tapi kualitasnya jauh di bawah standar.

3. Terus Berinovasi

Dari tahun ke tahun, tren akan senantiasa mengalami perubahan yang tidak dapat dielakkan. Agar produk tetap unggul di pasar, Anda harus bisa merancang produk yang sesuai dengan keinginan pasar. Inilah mengapa para pebisnis harus terus berinovasi demi mencapai kepuasan para konsumen.

Inovasi yang dikembangkan harus mencakup keseluruhan aspek dari produk. Mulai dari model hingga kualitas produk. Semuanya harus diperhatikan secara detail untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

4. Berani Ambil Risiko

Sukses tidaknya bisnis yang dijalankan seorang entrepreneur tergantung pada dirinya sendiri. Kesuksesan itu bisa diraih jika entrepreneur berani mengambil risiko. Setiap keputusan yang diambil memiliki tingkat risiko yang berbeda. Kadang kala keputusan tersebut malah berujung pada kegagalan.

Akan tetapi, jangan jadikan kegagalan sebagai langkah untuk berhenti berinovasi. Sebab awal mula kesuksesan ialah kegagalan. Saat diri Anda gagal, teruslah belajar untuk memperbaiki diri agar bisnis dapat maju sesuai yang diharapkan.

5. Percaya Diri

Entrepreneur sukses memiliki rasa percaya diri tinggi dalam menjalankan bisnis. Rasa percaya diri ini pun akan terus meningkat seiring dengan kesuksesan yang diraih entrepreneur. Meskipun berstatus sebagai entrepreneur pemula, Anda tidak boleh kalah dengan entrepreneur profesional.

Sebaliknya, Anda harus percaya diri kalau bisnis yang dijalankan juga bisa menuai kesuksesan seperti para profesional. Pada dasarnya, apa yang Anda pikirkan mengenai bisnis adalah wujud nyata dari hasil yang akan diraih. Jika Anda berpikir “tidak bisa”, itu pasti terjadi.

Sebaliknya, jika Anda berpikir “bisa” dan tetap “optimis”, percayalah kalau apa yang Anda pikirkan akan tercapai.

6. Membangun Platform Bisnis yang Baik

Platform bisnis yang baik dapat dibangun melalui pelayanan yang Anda berikan kepada konsumen. Artinya, Anda harus selalu mengedepankan konsumen dibandingkan hal lain. Ingat, konsumen adalah raja dan ratu. Jika mereka tidak puas dengan pelayanan yang diberikan, mereka akan lari ke pebisnis lain yang menawarkan produk yang sama.

Jangankan Anda, saya sebagai pebisnis saja tidak mau jika konsumen pada lari ke orang lain. Karena itu, selalu pertahankan pelayanan yang Anda bangun di awal agar konsumen tetap loyal.

Persiapkan Bisnis secara Matang

Sebelum memulai bisnis, seorang entrepreneur selalu mempertimbangkan segala aspek secara matang. Keputusan yang diambil juga tidak menguntungkan satu pihak saja, tetapi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan bisnis. Jika ingin sukses, ikuti tips-tips berbisnis ala entrepreneur sukses di atas.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini