Inflasi Februari Ditaksir 0,3%, Masih Dipicu Harga Bahan Pokok

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 28 20 1866038 inflasi-februari-ditaksir-0-3-masih-dipicu-harga-bahan-pokok-Dtuek2EIsX.jpg Ilustrasi: Foto Halomoney

JAKARTA - Sepanjang Februari 2018 indeks harga konsumen atau inflasi diprediksi akan mencapai sebesar 0,25%-0,3%. Angka ini lebih rendah jika dibanding inflasi Januari yang mencapai 0,62%.

Ekonom Indef Bhima Yudhistira mengatakan, meski lebih rendah dari bulan lalu tapi dibandingkan Februari tahun lalu (yoy) yang mencapai 0,23% lebih tinggi.

 Baca juga: BI Prediksi Inflasi Minggu Ketiga Februari Capai 0,19%

Menurutnya, inflasi sepanjang bulan kedua di 2018 ini masih didorong oleh kenaikan harga bahan pokok pangan mulai dari beras hingga cabai seperti yang terjadi di bulan-bulan sebelumnya.

"Inflasi masih didominasi harga pangan khususnya beras, cabai merah dan bawang putih," ungkap Bhima kepada Okezone, Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Bhima mengatakan, harga beras benar-benar masih mengkhawatirkan karena sudah menjadi penyumbang inflasi sejak akhir tahun lalu.

"Harga beras medium menurut data Kementerian Perdagangan tercatat naik 2,4% dibanding akhir Januari lalu," jelasnya.

 Baca juga: BI Pastikan Kenaikan Harga Pertamax Tekan Inflasi Februari

Selain bahan pangan, kelompok lain yang menyumbang inflasi adalah kenaikan harga minyak dunia yang semakin tinggi.

"Faktor lain yang berpengaruh adalah tren kenaikan harga minyak dunia mendorong inflasi harga yang diatur pemerintah atau administered price. Imbasnya akan dirasakan juga pada komponen inflasi transportasi," tegasnya.

Meski demikian masih ada beberapa bahan pokok yang menjadi penyumbang deflasi seperti daging ayam, daging sapi dan telur.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini