Praktik Curang di SPBU, Tandon Pertamax Diisi Premium

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 28 320 1865800 praktik-curang-di-spbu-tandon-pertamax-di-spbu-diisi-premium-Ljf6umfByW.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

SURABAYA – Polda Jatim berhasil mengungkap kasus dugaan penipuan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Tegalsari, Kecamatan Tegal sari, Kota Surabaya. 

Polisi mengamankan dua orang tersangka. Masing-masing, ini sial EP, 39, selaku sopir truk BBM dan IH, 33, selaku pengawas SPBU. Di SPBU milik PTJ Mini, polisi menemukan fakta bahwa BBM dari tangki mobil dimasukkan dalam tandon penimbunan yang tidak sesuai dengan semestinya seperti Premium dan Pertalite disimpan dalam tandon Pertamax. 

Baca Juga: Sub-Penyalur BBM Akan Disediakan di Setiap Desa

“Sehingga, ketika masyarakat mengisi Pertamax, sebenarnya yang masuk adalah Premium atau Pertalite,” kata Kasubdit IV Tindak Pidana Tertentu Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Rofiq Ripto Himawan, kemarin. Dia mengungkapkan, praktik penipuan dilakukan sejak tiga tahun lalu. 

Baca Juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Konsumsi Premium Turun 27,01% Pertalite Naik 45,67%

Pihak SPBU sengaja berbuat curang untuk mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Bisa dibayangkan, berapa besar selisih per liter yang didapat dari praktik curang ini. Tak hanya pada BBM jenis Pertamax, Premium dan Pertalite, dugaan penipuan juga dilakukan untuk jenis Dexlite dan Bio Solar.

Baca Juga: Kementerian ESDM Tawarkan Swasta Ikut Jual BBM Subsidi

Ketika konsumen membeli Dexlite akan memperoleh Bio Solar. Penyidik juga menemukan bahwa BBM yang dijual di SPBU Tegalsari ini adalah BBM untuk daerah lain di luar Surabaya. 

Unit Manager Communication and CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatim, Bali dan Nusa Tenggara (Nusra) Rifky Rakhman Yusuf mengaku menyerahkan sepenuhnya kasus ini pada kepolisian. “Tindakan kepolisian dalam mengungkap perilaku tersangka merupakan sebuah langkah yang positif,” katanya. 

(lukman hakim)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini