nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Rini Targetkan Pembangunan PLTU Karya Anak Bangsa Selesai Sebelum 2020

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 18:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 28 320 1866113 menteri-rini-targetkan-pembangunan-pltu-karya-anak-bangsa-selesai-sebelum-2020-eQQn8scbLT.jpg Foto: Menteri BUMN Rini Soemarno (Lidya/Okezone)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha dan Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan, kerja sama yang dilakukan antara PT PLN (Persero) dengan Perguruan Tinggi ini dalam rangka menciptakan ketenagalistrikan karya dalam negeri.

"Ini kelanjutan agar bisa memproduksi komponen listrik sendiri. Yang pertama dalam perjanjian ini adalah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) karya anak bangsa," ungkap Rini di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (28/2/2018).

 Baca juga: PLN Gandeng 7 Perguruan Tinggi, Menteri Rini: Biar Nyambung Dunia Pendidikan dan BUMN

Menurutnya, saat ini ada program untuk bisa menciptakan PLTU sendiri di dalam negeri. Di mana langkah ini dibutuhkan kerja sama dengan generasi muda yang sudah di latih terlebih dahulu.

Pemerintah saat ini ingin membangun PLTU dengan kapasitas 2 x 50 megawatt (mw) yang dkerjakan oleh orang Indonesia. Jadinya nanti akan menjadi PLTU pertama dan karya anak bangsa.

"Selama ini memang belum ada PLTU yang dibangun oleh kita sendiri. Selama ini research kita masih lemah jadi sekarang kita coba untuk membangun ini bersama perguruan tinggi," jelasnya.

 Baca juga: Marak Pencurian Gardu PLN Jadi Penyebab Pemadaman Listrik di Medan

Rini bahkan menargetkan proyek ini bisa diselesaikan dalam 2 tahun ini sehingga bisa langsung digunakan.

"Sudah akan melakukan penelitian untuk proyek 2 x 50 mw dan targetnya harus selesai. Saya kasih target sebelum 2020. Harus pakai target pak," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini