nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keluar dari Daftar Rugi, BUMN Ini Raih Laba Rp9 Juta

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 21:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 01 470 1866761 keluar-dari-daftar-rugi-bumn-ini-raih-laba-rp9-juta-HQBRal2yZM.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN meraih laba sebesar Rp9 juta pada 2017. Dengan raihan laba ini, HIN berhasil mencatatkan diri sebagai perusahaan plat merah yang keluar dari daftar BUMN yang mengalami kerugian.

Ke depan, HIN bertekad lebih kompetitif dan sebagai BUMN yang mendukung penuh program pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam menggenjot sektor pariwisata.

"Kami sudah melakukan pembenahan bersama jajaran direksi dengan berbagai upaya, hingga tahun 2017 perusahaan bisa lepas dari kerugian walaupun untungnya masih sedikit," terang Dewan Komisaris PT HIN, Michael Umbas dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/3/2018).

 Baca juga: Strategi Menteri Rini Gabungkan Hotel-Hotel Milik Anak Usaha BUMN

Dia mengakui jika besaran keuntungan itu belum seberapa, namun penting juga diketahui jika direksi telah bekerja keras agar keluar dari daftar BUMN merugi.

Dalam tiga tahun sebelumnya, lanjut dia, performa keuangan perseroan terus mengalami penurunan. Bahkan, di tahun 2015 kerugiannya mencapai Rp140 miliar dan di tahun 2016 kerugiannya berkurang menjadi Rp89 miliar.

Capaian ini sejalan dengan apa yang telah dicanangkan direksi, yakni menghentikan kerugian (stop bleeding) dan mengembalikan arah dari rugi menjadi untung atau declare turn around di tahun 2017. Capaian tersebut sebenarnya bisa lebih besar, namun dalam prosesnya sepanjang 2017 perseroan menghadapi berbagai tantangan.

 Baca juga: Menpar Dorong BUMN Kembangkan Homestay

Salah satu tantangan terbesar adalah terjadinya bencana erupsi Gunung Agung di Bali sehingga menyebabkan tingkat keterisian (okupansi) hotel di wilayah Bali menurun. Dengan adanya pembenahan melalui perbaikan dan renovasi hotel, Umbas berharap ke depan capaian pembukuan keuangan menjadi lebih baik.

"Capaian ini baru langkah awal untuk menjadikan PT HIN sebagai BUMN yang lebih kompetitif dan sebagai BUMN bidang Pariwisata yang maju, sebagai hotel chain nasional yang akan mendukung program pemerintah menggenjot pariwisata," tukas Umbas.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini