nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beri Pinjaman Tapi Masih Punya Utang, Ini Risikonya

Keduari Rahmatana Kholiqa, Jurnalis · Minggu 04 Maret 2018 06:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 02 320 1867053 beri-pinjaman-tapi-masih-punya-utang-ini-risikonya-Wl2vhFkkyc.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Sebelum Anda memberikan pinjaman ke orang lain, penting untuk melihat kondisi keuangan sendiri. Jika kondisi keuangan Anda sedang drop, lebih baik jangan berikan pinjaman, apalagi Anda sedang terlilit utang. 

Hal seperti itu bisa saja terjadi, memberikan pinjaman lalu tidak memikirkan kalau ada utang yang belum dibayar. 

"Kalau beri pinjaman ke orang lain sampai mengorbankan pinjaman kita sendiri sih sebaiknya dari awal jangan gitu ya," ungkap Perencana Keuangan Gozali kepada Okezone. 

Baca Juga : Menabung via Autodebit Bisa Hindari dari Jebakan Boros

 Sarannya, jangan takut untuk menolak kalau benar-benar tidak bisa membantu, apalagi uang yang digunakan untuk membayar utang. Karena semua risiko Anda sendiri yang tanggung. 

Sementara itu, Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakan, bila Anda bermasalah dalam keuangan maka sebaiknya "menyelamatkan diri" sendiri dahulu dengan melunasi utang yang masih tertunggak.

“Jangan sampai utang belum lunas justru masalahnya bertambah dengan uang kita yang terhambat karena pinjaman yang belum juga dikembalikan,” ujar Andy.

Baca Juga : Jangan Sampai Orangtua Bayar Cicilan Anda, Ini Alasannya

Menurutnya, ada baiknya Anda untuk memikirkan apakah kondisi keuangan sedang baik atau tidak. Apakah sedang ada hutang atau cicilan yang belum lunas, Jika semua sudah dipikirkan barulah bias memutuskan memberikan pinjaman atau tidak.

“Jadi lebih baik menyelesaikan masalah utang sendiri dulu sebelum memberikan pinjaman kepada orang lain,” tuturnya.

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini