nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Cara Cegah agar Belanja Online Tidak Boros

Agregasi Sabtu 03 Maret 2018 05:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 02 320 1867116 6-cara-cegah-agar-belanja-online-tidak-boros-D0DGBY4xDw.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Belanja online telah menjadi sebuah kesenangan tersendiri untuk sebagian orang. Barangkali buat Anda juga. Mudahnya mengakses informasi dan juga berbagai situs online menjadi salah satu alasan mengapa belanja online begitu disukai banyak orang.

Godaan belanja online memang menjadi salah satu hal yang patut diwaspadai, terutama bagi Anda yang tidak bisa mengeremnya. Tak bisa dimungkiri, belanja online telah menjadi sebuah kegiatan yang mengubah banyak kebiasaan dalam hidup kita. Namun, dalam kenyataannya, tidak sedikit orang yang justru mengalami masalah keuangan dengan kebiasaan belanja online.

Untuk mencegah pemborosan ketika belanja online, ada baiknya Anda melakukan perencanaan belanja dengan baik. Hal ini akan mencegah terjadinya pembengkakan dalam pengeluaran Anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pemborosan saat belanja online.

1. Manfaatkan Momen Sale

Mudahnya belanja online bisa saja menjadi keuntungan bagi Anda yang hobi belanja. Namun di sisi lain, hal ini bisa juga menjadi musibah dalam keuangan, terutama jika tidak memiliki kontrol yang baik dalam menahan keinginan belanja yang besar.

Jika Anda termasuk orang yang senang belanja online dan melihat berbagai penawaran di sana, Anda bisa memanfaatkan hal itu untuk menemukan berbagai penawaran menarik dari belanja online. Manfaatkan momen sale dan diskon yang diberikan toko online sehingga keuangan tetap dalam kondisi baik.

2. Pilih-Pilih Promosi yang Ditawarkan

Promosi menjadi salah satu godaan terbesar untuk belanja online. Hal ini biasanya Anda terima melalui media sosial atau email yang Anda sertakan ke situs online favorit Anda. Tidak ada salahnya untuk menerima promosi melalui berbagai media tersebut.

Selama Anda bisa memilih dan menyesuaikan pembelanjaan yang diperlukan. Namun, jika hal ini sudah mengganggu dan tidak lagi memberikan kontribusi positif bagi Anda, ada baiknya Anda pilih-pilih kembali berbagai informasi promosi yang ditawarkan.

3. Hindari Belanja Tanpa Rencana

Belanja tanpa rencana bisa menjadi musibah dalam keuangan dan hal ini kerap terjadi ketika belanja online. Tidak tanggung-tanggung, belanja tanpa rencana ini bisa saja menghabiskan banyak uang Anda sekaligus tanpa disadari. Hindari kegiatan belanja seperti ini. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan lainnya yang menyita waktu dan perhatian Anda.

Lakukan berbagai hal menyenangkan lainnya sehingga Anda tidak kerap belanja online di waktu-waktu senggang, bahkan meski tidak ada keperluan yang harus dibeli.

Menggunakan lebih banyak waktu untuk menjalankan hobi adalah pilihan yang tepat atau Anda bahkan bisa menghabiskan waktu dengan cara melakukan berbagai kegiatan baru yang lebih menyenangkan dan menantang sehingga perhatian Anda teralihkan dari godaan belanja online.

 

4. Jangan Mudah Tergoda Diskon

Diskon menjadi sebuah magnet yang kerap mendatangkan banyak penjualan bagi toko online. Anda akan kerap berhadapan dengan penawaran yang satu ini. Tidak hanya memberikan keuntungan harga yang lebih hemat ketika berbelanja, diskon ini juga bisa menjadi sebuah penawaran yang menyesatkan jika Anda tidak jeli dalam melihatnya.

Di luar sana, ada banyak toko online yang memberikan diskon besar pada produk mereka dan mendapatkan banyak pembeli dengan mudah. Semantara harga produk yang telah didiskon tersebut bisa saja hanya selisih sedikit dengan harga aslinya.

Sangat penting untuk memiliki kontrol yang baik saat berbelanja, bahkan ketika melihat penawaran diskon besar-besaran sekalipun. Tetaplah cermat dan lakukan pengecekan harga di toko lainnya sehingga diskon yang Anda beli memang benar-benar menguntungkan.

5. Tentukan Anggaran Belanja yang Jelas

Mengatur keuangan dengan ketat akan memberikan Anda sebuah kesempatan untuk menghindari pemborosan dalam keuangan, temasuk ketika berbelanja. Selalu miliki anggaran yang jelas untuk setiap pembelanjaan yang Anda lakukan sehingga pengeluaran bisa tetap dikendalikan dengan baik. Hal ini juga akan sangat membantu Anda dalam mengatur anggaran ketika melakukan belanja online.

6. Buat dan patuhi daftar belanja

Jika Anda termasuk orang yang suka kebablasan ketika berbelanja, ada baiknya untuk selalu membuat daftar belanja terlebih dahulu. Lihatlah kebutuhan Anda dan susun dalam sebuah daftar belanja. Lakukan hal ini di waktu luang agar Anda tenang dan bisa berpikir jernih untuk menyusunnya dengan tepat.

Jangan lupa untuk menyesuaikan daftar belanja ini dengan kondisi keuangan Anda agar Anda tidak mengalami masalah keuangan setelah melakukan belanja online. Selanjutnya, Anda hanya perlu mematuhi daftar tersebut ketika berbelanja agar pemborosan tidak terjadi dalam keuangan.

Disiplin dan Tenang Ketika Berbelanja

Menghindari pemborosan ketika sedang berbelanja online tentu tidak mudah, terutama jika Anda termasuk orang yang mudah kalap saat berhadapan dengan penawaran diskon.

Aturlah cara belanja online Anda dengan baik sehingga lebih terarah dan tidak selalu kalap. Hal ini akan membantu Anda menghindari pemborosan serta berbagai masalah dalam keuangan.

(ris)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini