Share

Bursa Asia Menguat Ikuti Wall Street berkat Meredanya Perang Dagang

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2018 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 06 278 1868453 bursa-asia-menguat-ikuti-wall-street-berkat-meredanya-perang-dagang-WrkjK3IpJ2.jpg Foto: Reuters

JAKARTA - Bursa saham Asia menguat pada perdagangan Selasa waktu setempat, mengikuti kenaikan Wall Street dan bursa saham Eropa karena sudah meredanya kekhawatiran pasar atas potensi perang dagang.

Melansir CNBC, Selasa (6/3/3018), indeks saham acuan Jepang, Nikkei melonjak 2,03% atau 426,97 poin, dengan dolar AS merayap lebih tinggi terhadap yen karena meredanya kekhawatiran perang dagang.

Saham-saham perusahaan eksportir naik, seperti produsen mobil, Toyota, Honda hingga saham teknologi juga naik.

 Baca juga: Pengenaan Tarif Impor Baja AS Tuai Kritik, Bakal Ada Perang Dagang?

Sementara itu, indeks saham acuan Korea Selatan, Kospi naik 1,16% dengan kenaikan di seluruh sektor, termasuk produsen chip dan produsen baja.

Indeks saham acuan Australia, S&P/ASX 200 naik 1,29% dengan 12 sub-indeksnya berada di wilayah positif. Sektor energi dan bahan merupakan sektor dengan kinerja terbaik dengan naik 2,15% dan 1,94%.

 Baca juga: Wall Street Menghijau di Tengah Meredanya Kekhawatiran Perang Dagang

Sebelumnya, pada penutupan kemarin, mayoritas indeks saham Asia melemah karena Kongres Rakyat Nasional China dimulai. China akan bekerja menuju target pertumbuhan sekitar 6,5% tahun ini, kata Perdana Menteri China Li Keqiang.

Di bursa Amerika Serikat, Wall Street menguat, dengan indeks Dow Jones menguat setelah empat hari berturut-turut mengalami kerugian, imbas pernyataan Donald Trump bahwa akan menerapkan tarif impor baja 25% dan 10% untuk aluminium.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini