nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Cara agar Selalu Bahagia Saat Bekerja

Agregasi Sabtu 10 Maret 2018 06:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 09 320 1870071 6-cara-agar-selalu-bahagia-saat-bekerja-dYeTtDzKWX.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Orang yang sudah bekerja cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya di tempat kerja dibandingkan di rumah. Mereka juga kurang menikmati libur weekend karena selalu sibuk mengurus pekerjaan kantor yang tidak ada habisnya. Rasa takut, cemas, dan stres, itulah yang dialami para pekerja sehingga mereka kurang bahagia saat bekerja.

Bahagia saat bekerja datang dari dalam diri sendiri. Ya, kitalah yang menciptakan kebahagiaan tersebut. Bagi Anda yang ingin tetap bahagia walau tugas kantor menumpuk, inilah cara-cara untuk mewujudkannya.

1. Mengatur Rutinitas Sehari-Hari

Tumpukan tugas di meja kerja membuat mood kerja menjadi hilang. Agar mood tetap stabil meskipun tugas menumpuk, saatnya mengatur rutinitas agar penyelesaian tugas lebih terorganisasi.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencatat pekerjaan-pekerjaan yang hendak dilakukan dalam satu hari. Kemudian tetapkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Sisipkan waktu untuk beristirahat agar Anda dapat menenangkan diri sebelum lanjut ke pekerjaan berikutnya.

Rutinitas kerja harus disusun sesuai dengan prioritas agar tugas dapat diselesaikan sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan perusahaan.

2. Lebih Konsentrasi Saat Bekerja

Gangguan-gangguan akan muncul saat Anda bekerja. Namun, dengan berkonsentrasi, Anda dapat sepenuhnya memusatkan diri pada pekerjaan yang dilakukan. Dengan begitu, pekerjaan tersebut cepat selesai. Anda pun lebih bahagia karena beban kerja berkurang satu per satu.

Agar konsentrasi tetap terjaga, jauhkan diri Anda dari segala gangguan. Kerjakan apa yang menjadi bagian Anda dan jangan mencampuri hal-hal yang bukan bagian Anda.

3. Membersihkan dan Memodifikasi Meja Kerja

Tumpukan kertas kerja di meja kerja sangat mengganggu pemandangan. Belum sempat menyentuh satu tugas sekalipun, mood Anda untuk menyelesaikan tugas tersebut sudah hilang duluan.

Langkah pertama untuk mengembalikan mood bekerja yaitu dengan merapikan meja kerja. Susun kertas kerja menurut spesifikasinya, buang sampah yang berserakan, dan simpan alat tulis di kotak pensil. Setelah semuanya bersih, Anda dapat memodifikasi meja kerja dengan menambahkan aksesoris yang menarik.

Rancanglah meja kerja sedemikian rupa agar mood Anda tetap terjaga. Kalau perlu, letakkan salah satu benda yang paling Anda sukai di atas meja kerja. Ketika mood tiba-tiba hilang, dengan melihat atau menyentuh benda tersebut, mood Anda dapat kembali dengan sendirinya. Dengan begitu, Anda lebih semangat untuk menyelesaikan tugas yang sebelumnya terbengkalai.

4. Mendengarkan Musik

Musik menjadi bagian hidup bagi sejuta umat manusia. Jika Anda termasuk salah satu pecinta musik, tidak ada salahnya untuk mengisi jam kerja dengan mendengarkan musik. Putarlah musik favorit Anda sambil mengerjakan tugas kantor. Agar tidak mengganggu karyawan lain, Anda dapat menggunakan headset.

Musik dipercaya dapat menenangkan pikiran dan jiwa manusia. Sebelum Anda stres karena tugas yang menumpuk, segera putar musik favorit agar merasa lebih enjoy saat menyelesaikan tugas.

5. Berpikir Positif

Tingkat stres semakin bertambah jika Anda terus berpikiran negatif, terutama terhadap rekan-rekan kerja di kantor. Rasa curiga dan merasa tersaingi akan menghiasi kehidupan Anda sehari-hari, sehingga Anda tidak tenang selama bekerja.

Sebelum terlambat, sekarang saatnya untuk membuang pikiran negatif dan membangun pikiran positif. Kelilingi diri Anda dengan hal-hal positif yang dapat membuat semangat kerja bertambah tinggi. Kalau sudah begini, produktivitas kerja pun otomatis tetap terjaga.

6. Mencintai Pekerjaan

Seberapa besar rasa cinta Anda terhadap pekerjaan yang Anda lakukan saat ini? Mencintai pekerjaan telah terbukti menjadi kunci kebahagiaan paling utama saat bekerja di kantor. Saat Anda berhasil mencintai pekerjaan tersebut, Anda rela mencurahkan jiwa, raga, dan pikiran untuk menyelesaikan tugas demi tugas dengan baik.

Mencintai pekerjaan sama halnya seperti saat Anda mencintai seseorang. Anda rela melakukan apa saja agar orang yang Anda cintai merasa senang dan nyaman saat berada di samping Anda.

Kebahagiaan Berawal dari Diri Sendiri

Pakar mengungkapkan kalau kunci kebahagiaan seseorang berasal dari dalam dirinya sendiri. Sebaik apa pun lingkungan kerja seseorang kalau ia tidak pernah mencintai dirinya, ia akan sulit bahagia. Oleh sebab itu, cintailah diri sendiri lebih dulu. Dengan demikian, Anda juga mampu mencintai pekerjaan dan lingkungan kerja Anda saat ini.

(ris)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini